Ketika "SANG PRAWIRA" Komjen Pol Agus Andrianto Dinilai sangat layak menjadi Kapolri.

/ Rabu, 02 Desember 2020 / 08.31.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN- Koordinator Presidium Lintas Eksponen 98 Sumut, R. Khairil Chaniago, di sela–sela kegiatan ringan “Ngoceh Politik” bertempat di kafe ayam bakar Aba Aya Jl. Gaperta Ujung Medan, menyatakan bahwa Kabaharkam Komjen Pol Drs Agus Andrianto. SH,MH. sangat layak untuk memegang tongkat Tribrata 1 di institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk menggantikan Jenderal polisi Idham Azis yang akan berakhir masa pengabdiannya pada januari 2021 yang akan datang.

Menurut Khairil, Jenderal yang pernah bermain di film “Sang Prawira” ini adalah sosok yang mumpuni untuk menegakkan keharmonisan sosial di Republik ini sesuai dengan visi Kepolisian Negara Repbulik Indonesuia yaitu Terwujudnya pelayanan keamanan dan Ketertiban Masyarakat yang prima, penegakan hukum dan keamanan dalam negeri yang mantap serta terjalinnya sinergi polisional yang proaktif.

adapun yang menjadi dasar penilaian, mantan Kapolda Sumut ini dianggap sangat layak adalah : Pertama, beliau selalu menggunakan pola komunikasi yang berbasis persuasif namun tegas aktif. Kedua, beliau memiliki kemampuan  inovatif  dan improvisasif dalam mengelola problematika. Ketiga, beliau mampu meramu antara kesetiaan, ketulusan terhadap tugas Negara dengan empati yang tinggi terhadap kondisi sosial masyarakat. 

Artinya “Leadership Models” yang dimiliki oleh Komjen Pol Drs. Agus Andrianto. SH,MH ini adalah pondasi kekuatan untuk mewujudkan visi Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

Penilaian yang saya sampaikan bukan sekedar retorika dari sebuah berita, dalam beberapa situasi saya memang kerap berseberangan dengan beliau, tetapi pernah pula dalam satu situasi, saya berdiskusi selama 7 (tujuh) jam lebih secara pribadi di kediaman beliau di Jakarta. Banyak hal yang dibahas, mulai dari masalah penegakan hukum, upaya penguatan ekonomi masyarakat, hingga kehidupan pribadi dan religi. 

"Salah satu yang tetap saya ingat adalah kalimat yang terucap dari beliau bahwa, keamanan Negara akan tercipta, bila kesejahteraan masyarakat tercapai “. bagi saya Komjen Pol Drs. Agus Andrianto SH,MH adalah seorang “Jenderal Sufi”. Memang dalam hal tugas kami berlawanan, namun dalam hal pemikiran kami berteman," ujar R. Khairil Chaniago.

Dukungan yang sama juga disampaikan oleh sekretaris Presidium Lintas Eksponen 98 Sumut Tengku Yan Fauzi, menurutnya pengelolaan Negara tidak lepas dari upaya menata perekonomian Negara dan masyarakat, ekonomi dan keamanan adalah kunci penting kemajuan Indonesia. 

korelasinya sangat kuat, keamanan bermula dari ketertiban dan ketertiban erat kaitannya dengan kesejahteraan, ditengah pandemic covid 19 ini tingkat kesejahteraan masyarakat cenderung menurun, dan tentunya hal ini akan mengancam ketertiban di masyarakat. 

Maka saat ini kita perlu sosok pemimpin baik ditataran regional maupun nasional yang memiliki semangat dan langkah strategis untuk sesegera mungkin melakukan tindakan pemulihan ekonomi nasional melalui aktivitas yang mengarah kepada penguatan perekonomian masyarakat dan peningkatan ketahanan pangan yang berbasis masyarakat.

"Sepanjang pengetahuan kami, kedua hal ini sudah dijalankan oleh bapak Kabaharkam Komjen Pol. Drs.Agus Andrianto, SH.MH, sehingga tidak salah jika Presiden Joko Widodo menempatkan beliau untuk menjadi Kapolri diwaktu mendatang," tukas aktivis 98 yang juga seorang sarjana ekonomi ini.(PS/DIAN/Rel)


Komentar Anda

Terkini: