AKBP Ikhwan Lubis Peduli Membantu Persediaan Makanan Untuk Imigran Rohingya di Batubara

/ Jumat, 22 Januari 2021 / 20.47.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-BATUBARA-Kepolisian Polres Batubara yang dipimpin langsung Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH.MH di dampingi Kabag Sumda Kompol Efrida Lumban Raja SE,Kasat Binmas AKP M.Safii SH, Para Polwan Satres PPA  serta Para dokter RSUD Batubara  memberikan bantuan makanan dan minuman untuk para Imigran yang berasal dari  Rohingya,di tempat karantina RSUD Kabupaten Batubara, Kamis sore (21/1/21) sekira 16.30 Wib.

Pantauan wartawan, berbekal makan khas Suku Rohingya, Roti dan Kare serta minuman mineral, Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis kembali datang untuk membantu persediaan makanan untuk para pengungsi dari Imigran  Rohingya yang saat ini sedang melakukan Karantina sembari menunggu waktu pemulangannya ke tempat tujuan mereka. 

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis yang dibantu pemerintah kabupaten (Pemkab) Batubara di RSUD Batubara mengatakan, sudah kordinasi kepada Kedutaan Republik Indonesia (RI) untuk para Imigran yang  berasal dari Rohingya ini dengan akan memulangkan nya ke asal di mana mereka di tampung sebagai pengungsi.

"Rasa kemanusiaan  ini kami dari Polres Batubara dan pemerintah kabupaten  telah menyiapkan tempat yang layak untuk mereka. Saya akan persiapkan makanan untuk mereka juga akan selalu pantau kesehatan mereka,"sebut AKBP Ikhwan Lubis.

Tadi, para pengungsi Rohingya yang ini menjelaskan kepada saya,Ia mengatakan akan menyusul  para suami mereka yang sudah lebih dahulu berada di negara Malaysia.

Namun  ada oknum penyalur  yang membohongi  mereka dengan iming iming akan memberangkat kan mereka ke negara di mana suami mereka ada di sana.

Kapolres menuturkan, rasa kepeduliannya bentuk kekasihan mereka Ibu dan anak anak ini menjadi  bulan bulanan para penipu. 

"Saya juga amat kasihan melihat anak anak mereka yang kurus dan  pasrah  di bawa kemana saja  oleh orang tua yang hanya tinggal ibu nya saja dan ada juga yang yatim-piatu  ayah ibu anak ini  sudah tiada. Dia hanya menumpang hidup ikut kepada orang tua yang mengasuh nya ini sangat  menyedih kan nasib mereka,"ucap Kapolres dengan turut prihatin sedih. 

Sementara itu, Pengungsi Rohingya yang bisa berbahasa Indonesia  mengatakan kami bahagia berada di sini.

"Kami mendapatkan tempat yang nyaman dimana ada Kapolres memperhatikan dan menyayangi kami,tidak kami temukan sebelumnya  orang seperti bapak Polisi  ini,"ujar para pengungsi Rohingya.

Sementara itu juga,orang tua dari anak anak pengungsi Rohingya ini juga menyebutkan rasa terimakasih nya telah diberi tempat yang layak.

"Kami dapat fasilitas makan dan minum juga petugas kesehatan yang sangat ramah dan baik melayani,"diutarakan para pengungsi Rohingya.

Terlihat dari kegembiraan anak, sangat gembira dan bahagia. Sebelumnya kesedihan yang kami alami selama di perjalan sesaat  hilang dan kami merasa tidak takut lagi.

"Terimakasi bapak polisi,"ungkap para ibu Ibu Rohingya ini.

Sebelum dipulangkan nantinya, para Imigran Rohingya mendapatkan cek kesehatan dari dokter RSUD Batubara. 

Para imigran Rohingya ini dinyatakan Negatif virus wabah carona (covid-19). Namun para imigran Rohingya ini harus tetap mematuhi prosedur dari pemerintah yang berlaku selama berada di karantina. (PS/SAUFI).

Komentar Anda

Terkini: