Rutin Gelar Operasi Yustisi, Polres Batubata Dorong Kepatuhan Protokol Kesehatan

/ Kamis, 14 Januari 2021 / 05.55.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA.COM-BATUBARA-Polres Batubara berkomitmen akan terus melakukan Operasi Yustisi di tempat Wisata dan lokasi lainnya guna mendorong dan meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan dan menangkal kerumunan. 

Ada 4 Objek Wisata Pantai  yang dianggap strategis dan selalu ramai dikunjungi wisatawan berada di wilayah Polsek jajaran Polres Batubara yakni  Pantai Sejarah berada di wilayah Polsek Lima Puluh,  Pantai Jono berada di Polsek Medang Deras , Pantai Bunga berada di Polsek Labuhan Ruku dan Pantai Indah Datuk berada di Polsek Indrapura.

Setelah melakukan Operasi Yustisi Selasa kemarin di Pantai Sejarah, Rabu (13/1/2021) Polres Batubara melakukan operasi keliling di Pantai Jono Kecamatan Madang Deras Kabupaten Batubara. 

Operasi Yustisi kali ini dipimpin Waka Polres Batubara Kompol Rudi Chandra SH didampingi Kabag Sumda Kompol Efrida Lumban Raja SE, Kapolsek Medang Deras AKP Isqad SH dan Kasubag Humas AKP Nico Siagian  SIK. 

Hadir juga Kasubag Pers Polres Batubara  AKP J Manurung SH, Kanit Reskrim IPTU J Sagala dan Kanit Shabara  IPTU Abdi SH beserta personil  Polisi Wanita (Polwan) melakukan  Operasi Yustisi dengan menghimbau para wisatawan dan juga Pedagang mematuhi protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid 19. 

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis SH MH, sebelumya berpesan kepada para personil yang melakukan Operasi Yustisi agar wilayah Pantai harus terus dikontrol dan diawasi karena yang paling rawan kepadatan pengunjungnya.

“Di daerah kita adalah wilayah pantai, sebab wilayah ini tidak ada Mall atau pun  tempat Water Boom seperti di kota kota besar  yang ada di kota Medan. Ini harus terus kita tingkatkan pengawasannya. Wisatawan melirik Pantai kita menjadi ajang rekreasi . Otomatis ini menjadi tanggung jawab besar bagi kita dan pemerintah mengawasi,” jabar AKBP Ikhwan Lubis.

Dia meminta, Wakapolres Batubara dan jajaran kepolisian meningkatkan Operasi Yustisi ini dengan sesuai Maklumat Kapolri melakukan himbauan protokol kesehatan dengan prosedur yang berlaku sekarang ini. “Ikuti adaptasi kebiasaan baru dengan memberikan himbauan mengikuti protokol kesehatan,” ujarnya. 

Sementara Wakapolres Kompol Rudi Candra SH menjelaskan, melakukan strategi  mengajak para pemilik lapak dagangan dan pengelola untuk menjadi duta tentang protokol kesehatan kepada seluruh wisatawan yang ada. 

“Mereka akan menegur para wisatawan yang tidak menggunakan masker atau menjual masker kepada para wisatawan karena di dalam wilayah pantai ini harus wajib masker  dan harus menjaga jarak juga mengajak menjaga kebersihan di sekitar pantai yang mereka kunjungi,” bebernya. 

Dijelaskannya, hal ini akan lebih memudahkan tugas tugas kepolisian dalam melakukan Operasi Yustisi. “Nah, apabila ketahuan ada wisatawan yang melanggar ketentuan ini kita akan lakukan teguran bagi pengelola dan para pemilik lapak. Hal ini sudah kita sepakati  secara bertahap dalam melakukan penerangan kepada mereka,” ujarnya.

Namun di samping itu, lanjutnya, Polisi akan terus melakukan himbauan ini kepada seluruh wisatawan  yang datang dengan menempatkan personil jaga di titik titik pos pantai.

Dalam melakukan sosialisasi Kabag Sumda Kompol Efrida Lumban raja SE beserta para Polwan akan terus melakukan himbauan selama masa Pandemi Covid 19 khusus kepada para Wisatawan.

Selain mengawasi dan menindak, Polisi di Batubara juga memberikna bantuan sembako dan masker pada warga dan pedagang yang tak mampu di sekitar lokasi wisata bahari ini. (PS/SAUFI)





 

Komentar Anda

Terkini: