Islahuddin Nasution Dilantik Walikota Nahkodai Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan.

/ Kamis, 11 Februari 2021 / 21.53.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Gerakan Pramuka merupakan wadah pembentukan watak dan budi pekerti yang luhur melalui pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan dan kepentingan masyarakat bangsa dan negaran dengan paradigma baru saling asah, asih dan asuh sebagai visi misinya.


Hal itu disampaikan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan Islahuddin Nasution, S.Sos usai dilantik Walikota Padangsidimpuan Irsan Effendi Nasution selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) di aula kantor Walikota, Rabu 10 Februari 2021 malam.

Pada kesempatan itu, Islahuddin Nasution menyampaikan rasa terimakasih atas kehadiran Kwarda Provinsi Sumatera Utara beserta rombongan di Kota Padangsidimpuan.

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Walikota Padangsidimpuan selaku Ketua Majelis Pembimbing yang telah melantik pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan.

"Amanah yang dipercayakan di pundak kami untuk menakhodai kwarcab pramuka kota padangsidimpuan, mudah mudahan dapat kami emban dengan sebaik baiknya, tentunya dengan kerjasama, ketulusan dan komitmen seluruhnya."ujar Islahuddin.

Islahuddin juga selalu berharap arahan dan bimbingan dari Walikota dan  Kwarda Sumut. " Kita berkomitmen untuk memajukan kota Padangsidimpuan ini sesuai dengan mottonya bersinar,  berkarakter."ujarnya.

Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan masa bhakti  2020 - 2025  juga diisi oleh Ibnu Hajar sebagai Ketua Harian, Mulkeis S.Ag, M.A sebagai Sekretaris dan Dra Siswanti sebagai Bendahara

Sebelumnya, Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan  dan Kwartir Cabang masa bhakti tahun 2020 - 2025 resmi dilantik dan dikukuhkan, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Sumatera Utara H Nurdin Lubis SH, MM, 

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Majelis Pembimbing Cabang  Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan Masa Bakti 2020-2025, pengucapan ikrar dan penandatanganan naskah pelantikan.

Ketua Mabicab dijabat Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Wakil Ketua dijabat Wakil Walikota Ir Arwin Siregar dan unsur Forkopimda. Sedangkan, Sekretaris  dijabat Sekda Kota Letnan Dalimunthe SKM M.Kes.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Effendi Nasution,SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa ia bersama forkopimda, sekretaris daerah dan lainnya sebagai Mabicab akan menunaikan amanah ini dengan sebaik-baiknya.

"Memang sempat ada kekosongan pengurus Kwartir dan Mabicab, disebabkan adanya Covid 19. Namun Alhamdulillah, beberapa waktu lalu akhirnya muscab dapat diwujudkan dan dilantik pada hari ini."ujar Irsan.

Kehadiran Kwarcab akan berkontribusi bagi berbagai upaya dan ikhtiar di tengah Pandemi ini dimana Pramuka diharapkan bisa mengambil peran untuk menjalankan prokes Covidb19 juga bisa melakukan konsolidasi sampai tingkat kecamatan.

"Diharapkan, dengan Pramuka ini, anak anak bisa terbentuk karakternya yang mempunyai tim dan soliditas yang tinggi. Dan mimpi kami akan hadirnya bumi perkemahan berskala regional di Kota Padangsidimpuan ini."ujar Irsan.

Dikatakannya, tahun ini, melalui Dinas Perkim mudah mudahan bumi perkemahan itu   bisa segera terwujud sebab dengan adanya bumi perkemahan berskala regional, diharapkan  akan ada multiplayer efek bagi kota dan masyarakat, yang mempunyai keterbatasan sumber daya alam.

Pada kesempatan itu, Irsan juga menyampaikan salah satu aset milik Pemprovsu lewat Gubsu sudah bisa di gunakan sebagai Kantor Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan.

"Mudah-mudahan, apa yang menjadi harapan kita semua, untuk kebaikan dan pembangunan kota Padangsidimpuan dapat terwujud."katanya.

Sementara, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara H Nurdin Lubis SH MM dalam sambutannya mengharapkan kepada Ketua Mabicab dapat memberikan bimbingan dan bantuan moril kepada Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan.

"Kami memberikan apresiasi kepada Walikota yang berencana membangun bumi perkemahan atau Cadika yang bertaraf regional  dan mudah mudahan bisa bertaraf nasional. Untuk perkantoran, dimana hasil survey ada perkantoran yang merupakan aset pemprovsu yang bisa dijadikan sebagai perkantoran kwarcab, mudah mudahan diberikan."ujarnya.

Kepada Ketua Kwarcab, Nurdin berpesan agar selalu menerapkan kolektif kolegial sesuai tradisi di Pramuka yang saling asah, saling asih dan saling asuh.

"Kwartir cabang harus selalu berkoordinasi dengan Majelis Pembimbing Cabang dan harus bersinergi agar sejalan sampai ke tingkat bawah."ujarnya.

Terkait Pandemi Covid-19, Kwartir Nasional sudah mengeluarkan maklumat agar pramuka aktif peduli kepada penanggulangan bencana dalam membantu pemerintah dan masyarakat baik dalam bentuk bencana alam dan bencana non alam dan segera bentuk satuan tugasnya.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: