DPPKB Kota Padangsidimpuan Gelar Kegiatan Orientasi Pendataan Keluarga Tahun 2021

/ Rabu, 17 Maret 2021 / 13.30.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Dalduk Dan KB) Kota Padangsidimpuan gelar kegiatan Orientasi Pendataan Keluarga (PK) 2021.


Kegiatan dengan materi pembahasan tentang Pengarahan dan tata cara Pengisian Formulir Pendataan Keluarga diikuti oleh seluruh Kader Pendataan, Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD)  dan Sub PPKB serta manajer data dan supervisior se-Kota Padangsidimpuan.


Kadis Dalduk Dan KB Maragongna Harahap menyampaikan kegiatan itu sehubungan akan dilaksanakan kegiatan Pendataan Keluarga (PK) secara serentak di seluruh Indonesia pada Tanggal 1 April s/d 31 Mei 2021. Dimana kegiatan ini merupakan prioritas BKKBN dalam upaya menyediakan data dan informasi keluarga by name by address.


“Data dan informasi keluarga ini penting dan strategis, karena tidak hanya sebagai alat untuk mengukur indikator kinerja utama program Bangga Kencana, tetapi juga untuk menyediakan data untuk kepentingan operasional penggerakan program Bangga Kencana di lapangan. Oleh karena itu, perlu dilakukan secara serius, benar dan apa adanya sesuai kenyataan di lapangan,”tegasnya Maragongna saat memberikan pemaparan kepada kader pendata di Kec. Padangsidimpuan Selatan, Selasa 16 Maret 2021.


Dikesempatan itu, Maragongna juga tidak lupa terus menyerukan bagi kader pendata nanti untuk terus mematuhi protokol Kesehatan selama melakukan pendataan mengingat saat ini masih ditengah pandemi Covid-19, pesannya.


Ditambahkan Kabid Dalduk Ikhwandi SKM, selain untuk Data dan informasi keluarga, tanggal 1 April s.d 31 Mei 2021, kata Ikhwandi juga dilakukan pengumpulan data tetang kondisi fisik Balita (BB, TB, lingkar kepala). Data tentang Balita ini untuk mendukung upaya Percepatan Penurunan Stunting.


Sebelumnya Kasi Dalduk Kumala Dewi Hasibuan SE, kepada awak media ini menerangkan kegiatan Orientasi Pendataan Keluarga 2021 bagi kader pendata akan dilaksanakan di 6 kecamatan se-Kota Padangsidimpuan.


Dan sejauh ini sambung Kumala sudah dilaksankan di 4 Kecamatan, yakni di Kec. Padangsidimpuan Utara dilaksankan, Rabu 10 Maret 2021 di Madrasyah Al-Ikhlas Kel. Timbangan yang diikuti sebanyak 83 Kader Pendata, Kemudian di Kec. Padangsidimpuan Tenggara dilaksanakan di Aula Kantor Camat setempat pada Jum'at tgl 12 Maret 2021, diikuti 52 kader pendata.


Selanjutnya pada, Senin 15 maret 2021 di Aula Kantor Desa Pudun Jae, Kec. Padangsidimpuan Batunadua diikuti 46 orang Kader Pendata. Dan pada hari ini 16 Maret 2021 dilaksankan di Kec. Padangsidimpuan Selatan tepatnya di Aula kantor PPABRI yang diikuti 72 kader pendata. Dan untuk 2 Kecamatan lagi (Kec. Hutaimbaru dan Angkola Julu) menunggu jadwal yang masing-masing diikuti 27 dan 15 kader pendata, terang Kumala merinci.(PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: