Tim Pemantau Orang Asing Di Tapsel Dikukuhkan

/ Rabu, 17 Maret 2021 / 15.43.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Bupati Tapanuli Selatan yang diwakili Sekda Parulian Nasution mengukuhkan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) kecamatan usai rapat pembentukan di Aula Kesbangpol Komplek Kantor Bupati Tapanuli Selatan, Rabu (17/3).


Kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Hukum dan HAM Kantor Wilayah Sumatera Utara- Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sibolga dihadiri Camat se Tapanuli Selatan, unsur Kepolisian, TNI dan anggota Tim Pora serta undangan lain.

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Putra Parlindungan Pasaribu melalui Sekda Parulian Nasution menyampaikan ucapkan selamat atas  pengukuhan Tim Pora dengan harapan dapat bekerja maksimal. 


"Tapsel wilayah seksi iklim invetasi di Sumut bahkan terbesar. Karenanya, Tim Pora diminta pro aktif melakukan pemantaua keberadaan orang asing di wilayah kecamatan-nya masing-masing," pinta Bupati. 

Selain itu, Bupati mengajak seluruh Tim Pora yang baru dikukuhkan yang ditandai pemasan topi Tim Pora, agar sering berkoordinasi dengan instansi terkait guna menyamakan persepsi dalam pengawasan orang asing di wilayah ini. 

Sementara Kapala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sibolga Dr Saroha Manullang, menyatakan bahwa Rapat dan Pengukuhan Tim Pora bagian dari tuntutan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian. 

"Selain itu,  Imigrasi Kelas II Sibolga yang membawahi 12 Kabupaten/Kota di Sumut termasuk Tapanuli Bagian Selatan tidak bisa bekerja sendiri apalagi untuk memantau orang asing," ujarnya. 

Oleh karenanya, dengan dikukuhkannya Tim Pora tugas-tugas Keimigrasian khususnya untuk mengawasi keberadaan orang asing di Tapsel khususnya dapat mudah terpantau. 

"Tim Pora terdiri dari unsur Kepolisian, TNI, Pemkab Tapanuli Selatan. Nantinya bersinergi dalam melakukan pengawasan serta sharing informasi aktif terkait orang asing hingga tingkat terendah," sebutnya. 

Selain pengukuhan Tim Pora yang dihadiri Kakankespol Tapsel Hamdy Pulungan, Kadis DPMPTSP Sofyan Adil, pihak Polres Tapsel, Kodim 0212/TS, di saat bersamaan Keimigrasian Kelas II Sibolga juga melayani pembuatan Pasport bagi puluhan masyarakat Tapanuli Selatan.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: