DLH Sumut Kordinir Pembersihan Sampah di Hulu Aliran Sei Bedera.

/ Rabu, 07 April 2021 / 19.33.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Menindak lanjuti laporan HNSI Sumut terkait sampah yang memenuhi Sei Bedera beberapa waktu lalu ke DLH Sumut, Kadis DLH Sumut langsung membentuk tim yang diketua oleh Tedi Supriatna SH selaku Kabid Pentaatan dan peningkatan kapasitas lingkungan hidup.

Tim langsung bergerak cepat melakukan penelusuran ke hulu Sei Bedera yang terletak di Desa Helvetia Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang.


Puncaknya Tim bentukan DLH Sumut kordinir langsung kegiatan pembersihan aliran Sei Bedera dan bantaran sungai dengan melibatkan DLH Kota Medan, DLH Deliserdang, DKP Kota Medan, DPD HNSI Sumut, Camat Sunggal, Kades Helvetia, Babinkamtibmas, Koramil, LPM Desa Helvetia serta unsur masyatakat.


Kegiatan pembersihan sampah tersebut dilakukan, Rabu (07/04/2021). Sampah diangkut oleh truk sampah dari DKP Kota Medan dan juga menggunakan Excavator milik DKP Kota Medan.


Kadis DLH Sumut, dr. Tengku Amri Fadli M.KES mengatakan, setelah dilakukan pembersihan ini dan juga telah dilakukan pembinaan kepada masyarakat sekitar bantaran Sei Bedera Desa Helvetia, Kalau masih ada pihak-pihak yang masih membuang sampah kesungai, makanya pihaknya akan memprosesnya secara hukum.



Tedi Supriatna SH mengatakan, kegiatan ini lanjutan dari pertemuan yang diadakan DLH Sumut, Kamis (01/04/2021).


"Kita juga telah menelusuri berdasarkan informasi yang kita peroleh dari masyarakat adanya sampah dari perumahan dan Hotel," kata Tedi panggilan akrabnya.


"Kita berharap kepada masyarakat, terutama petugas kebersihan baik yang terdaftar sebagai petugas kebersihan resmi dari Dinas Kebersihan maupun yang bekerja sendiri untuk tidak membuang sampah disembarang tempat," tambahnya


Ketua DPD HNSI Sumut, Zulfahri Siagian SE menyambut baik dan berterima kasih atas respon cepat dari tim yang dibentuk DLH Sumut.


"Harapan kita kegiatan ini bisa menyelesaikan sampah yang banyak terdapat di Sei Bedera selama ini, sehingga nelayan kita dapat tenang dalam mencari nafkah dengan hasil yang lebih baik lagi dari sebelumnya," harap Fahri.(PS/DIAN)



Komentar Anda

Terkini: