Kemenag Lhokseumawe Gelar Sosialisasi Assesment Nasional

/ Kamis, 08 April 2021 / 06.06.00 WIB
Ka. Sub Bag TU Drs. H. Muzzakir, MA menyampaikan, Jika dulu ada yang namanya Ujian Negara, kemudian pernah berubah menjadi Ujian Nasional (UN), kemudian saat ini berubah lagi menjadi AN. (FOTO|PS-M.RIZKY)

POSKOTASUMATERA.COM|LHOKSEUMAWE - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lhokseumawe menggelar sosialisasi persiapan pelaksanaan Assesment Nasional (AN) di Aula MAN Lhokseumawe, Rabu (07/04/2021).

Sosialisasi AN dilaksanakan untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang diikuti beberapa Kepala Madrasah dan puluhan operator Emis. 

Kepala Kantor Kemenag Lhokseumawe Drs. H. Boihakki, M.Sos melalui Ka. Sub Bag TU Drs. H. Muzzakir, MA mengatakan, Jika dulu ada yang namanya Ujian Negara, kemudian pernah berubah menjadi Ujian Nasional (UN), kemudian saat ini berubah lagi menjadi AN. Maka ini adalah hal yang lumrah terjadi.

" UN yang diganti dengan AN merupakan suatu program untuk mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi," kata Muzzakir.

Sambungnya, oleh karena itu untuk melahirkan generasi-generasi yang pintar, generasi yang cerdas, berilmu pengetahuan dan berteknologi maka ada ditangan Bapak/Ibu semuanya. Sehingga kita harus menguasai sarana ilmu teknologi komputerisasi sesuai dengan tuntutan zaman.

Dalam sosialisasi tersebut, Tarmizi, S.Pd selaku Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Islam menjelaskan, bahwa UN adalah untuk menilai keberhasilan pencapaian individu peserta  didik.

Sambungnya, sedangkan AN untuk menilai keseluruhan dari keberhasilan proses pembelajaran, ada tiga indikator yang dinilai yaitu Analisis Kompetensi Minum (AKM), Survei Karakter (SK), dan Survei Lingkungan Belajar (SLB).

Untuk menyukseskan Assessment Nasional kita telah berupaya membangun komunikasi yang baik dengan Dinas Pendidikan, Dinas Syariat Islam, Majelis Permusyawaratan Ulama, dan Majelis Pendidikan Daerah yang ada di Kota Lhokseumawe, kata Tarmizi. (PS|M. RIZKY)

Komentar Anda

Terkini: