Bupati Tapsel Pimpin Apel Gabungan Kesiapan Pasukan Operasi Ketupat Toba 2021

/ Rabu, 05 Mei 2021 / 23.58.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Dolly Pasaribu, S.Pt, MM pimpin Apel Gabungan Kesiapan Pasukan Operasi Ketupat Toba 2021, dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M pada masa pandemi Covid-19 di Lapangan Sepakbola Sarasi II, Desa Bintuju, Kecamatan Angkola Muaratais, Rabu (5/5).



Sebelum apel gelar pasukan dimulai, Bupati bersama Forkopimda melakukan pengecekan kesiapan personil dan juga kesiapan kenderaan, untuk memastikan kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H/2021 M.


Dalam arahannya Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu, S.Pt, MM mengatakan, bahwasanya di tahun ini pemerintah telah memutuskan untuk melarang kegiatan perjalanan mudik bagi seluruh masyarakat yang dimulai pada tanggal 6 sampai 17 Mei 2021.


"Ini adalah tahun kedua dimana pemerintah telah melarang masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik pada libur Hari Raya Idul Fitri, karena situasi pandemi Covid-19. Kita menyadari bahwa larangan pemerintah ini tidak serta merta dipatuhi masyarakat, sehingga potensi pergerakan orang untuk melakukan perjalanan mudik masih cukup tinggi," ujarnya.


Dijelaskan Dolly, menurut hasil survey Kementerian Perhubungan terhadap masyarakat, apabila pemerintah tidak melarang mudik maka akan terjadi pergerakan orang untuk melakukan perjalanan mudik sebesar 81 juta orang, namun apabila pemerintah melarang mudik, masih akan terjadi pergerakan orang untuk melakukan perjalanan mudik sebesar 27,6 juta orang atau 11 persen.


"Pengalaman tahun lalu berbagai modus dilakukan masyarakat untuk mengelabui petugas agar dapat lolos sampai di tempat tujuan mudik. Hal ini tentu menjadi pembelajaran bagi kita dan lebih utama lagi begitu tingginya niat serta gigihnya masyarakat agar dapat melakukan perjalanan mudik, sehingga perlu antisipasi dan kesiapan petugas," jelasnya.


Disamping itu, Dolly mengatakan, bahwasanya pemerintah saat ini masih terus berjuang untuk menekan lajunya perkembangan Covid-19 dengan berbagai kebijakan antara lain pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan dengan (3 M), kegiatan vaksinasi dan terakhir PPKM mikro yang dinilai cukup efektif. 


Kita harus bahu-membahu dan saling bersinergi dengan instansi terkait beserta seluruh komponen masyarakat dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk menekan lajunya perkembangan Covid-19. Penurunan transmisi penyebaran Covid-19 akhir-akhir ini jangan menjadikan kita lengah, sehingga kita mengabaikan protokol kesehatan," imbuhnya.


Bupati juga mengatakan, kegiatan-kegiatan keagamaan utamanya pada Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah, harus dilakukan dengan penerapan Prokes yang ketat sesuai Surat Edaran Menteri Agama. 


Turut hadir pada apel gelar pasukan, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Dandim 0212/TS Letkol (Inf) Rooy Chandra Sihombing, Danyon C Pelopor Brimobdasu yang diwakili AKP M Purba, Dansubdenpom 1/2-3 Lettu CPM Ongku Siregar, Kadis Perhubungan Aji Hatorangan, Kasatpol PP Zulkifli Harahap, Camat Angkola Muaratais AM Fadhil Harahap dan undangan lainnya. (PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: