Danlantamal I Pimpin Sidang Pantukhir Daerah Panda Belawan Calon Taruna/Taruni AAL dan Calon Tamtama PK TNI AL TA. 2021

/ Selasa, 22 Juni 2021 / 21.54.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-BELAWAN-Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut  I (Danlantamal I) Kolonel Laut (P) Achmad Wibisono, memimpin langsung pelaksanaan Sidang Penentuan Akhir Daerah (Pantukhirda) Panda Belawan  kepada calon Taruna/taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) dan calon Tamtama PK TNI AL Gel.I TA 2021  bertempat di Gedung Yos Sudarso Markas Komando Lantamal I Jl. Serma Hanafiah No 1 Belawan,  Senin (22/6/2021).

Dalam sambutannya Danlantamal I menyampaikan bahwasannya kegiatan seleksi penerimaan prajurit sebagai bagian dari kegiatan pengadaan personel TNI AL merupakan hal yang sangat penting sebagai titik awal untuk mendapatkan sumber daya manusia terbaik yang akan disiapkan mengawaki organisasi TNI AL.

"Untuk itu penerimaan prajurit TNI AL harus dilaksanakan secara profesional, dalam arti harus transparan, akuntabel dan bersih dari berbagai penyimpangan untuk mendapatkan calon-calon prajurit yang berkualitas,"ujar Danlantamal.

"Seleksi yang kita laksanakan sejak tanggal 18 Mei sampai 18 Juni 2021 di Panda Belawan telah dilaksanakan berdasarkan standar pemeriksaan dan sesuai aturan yang berlaku. Dan saat ini kita akan melaksanakan tahap akhir dari seleksi untuk mendapatkan calon-calon prajurit TNI AL terbaik dari Panda Belawan," lanjutnya.

Mengawali sidang Pantukhirda sebagai tahap akhir seleksi penerimaan ini Danlantamal I memberi penekanan yang perlu dipedomani sebagai berikut ; 

Kesatu, pimpinan TNI AL telah menekankan untuk memberikan perhatian terhadap putra/putri keluarga besar TNI AL; Kedua, laksanakan tugas secara profesional sesuai aturan dan ketentuan berlaku; Ketiga, mari kita jaga tugas dan kepercayaan yang diberikan ini dengan baik, bertanggungjawab dan sungguh-sungguh; Keempat, hindari tindakan tercela seperti pungli, penipuan dan berlaku curang dalam kegiatan ini.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmaanirrohiim pada hari ini, selasa tanggal 22 Juni 2021 pukul 08.35 WIB, sidang Pantukhirda calon taruna/taruni AAL dan calon Tamtama PK TNI AL gelombang I TA 2021 Panitia daerah Belawan saya nyatakan di buka," ucapnya. 

Sebelumnya sebagai informasi jumlah calon Taruna AAL yang mendaftar sebanyak 224 orang dan Taruni sebanyak 22 orang sementara calon Tamtama PK TNI AL yang mendaftar berjumlah 574 orang. Setelah menjalani tahapan seleksi dari mulai pemeriksaan kesehatan I, tes samapta Jasmani, tes pskologi I dan II,  pemeriksaan kesehatan II, wawancara psikologi, tes mental idiologi, pemeriksaan administrasi, dengan calon yang berhasil sampai mengikuti Pantukhirda calon taruna 13 orang, calon taruni 2 orang dan calon tamtama 49 orang.

Kegiatan Pantukhirda dihadiri oleh Aspers Danlantamal I selaku sekretaris Panitia Daerah Belawan dan para katim yaitu katim mental ideologi, katim kesehatan, katim jasmani, katim rikmin dan juga dihadiri oleh dua orang tim peninjau dari Spersal Mabesal kolonel Mar Jasiman Purba, S.E. Paban V Watpers Spersal dan Letkol Laut (K) Sri Wahyudi, S.E. Pabandya Kes Ban V Watpers Spersal.(Dispen Lantamal I). (PS/IRFANDI)




Komentar Anda

Terkini: