Imbas Pandemi Covid-19 Melanda Dunia Khusus Malaysia, Tokoh Asal Sumut Bentuk HIMASU Untuk Wadah PMI

/ Rabu, 23 Juni 2021 / 15.43.00 WIB

 


Tokoh asal Sumut membentuk Himpunan Masyarakat Sumatera Utara (Himasu) sebagai wadah para PMI asal Sumut yang bekerja di Malaysia (POSKOTA/SAUFI)

POSKOTASUMATERA.COM- MEDAN

Tokoh asal Sumut membentuk Himpunan Masyarakat Sumatera Utara (Himasu) sebagai wadah para PMI asal Sumut yang bekerja di Malaysia yang merupakan wadah untuk membantu pekerja migran Indonesia (PMI)yang terdampak lockdown di tengah pandemi Covid-19 di Malaysia.

Ketua Himasu, H.Syafriadi Pasaribu, didampingi Sekretaris H.Muhammad Tohong Hasibuan kepada Poskota dalam siaran pers nya menyampaikan Rabu (23/6/21) latar belakang didirikannya Himasu ini adalah imbas dari pandemi Covid-19 yang melanda dunia terkhusus di Malaysia

Menurutnya, bahwa Malaysia salah satu negara yang menjadi tujuan orang Sumut mencari rejeki. Maka pada 31 Agustus 2020, atas inisiatif dan prakarsa para Tokoh senior yang berasal dari Sumut, Himasu dideklarasikan dan dihadiri dari unsur perwakilan masyarakat Sumut dari berbagai daerah di Malaysia.

Lanjutnya, H.Syafriadi Pasaribu,"HIMASU dibentuk dengan tujuan menjadi wadah tempat berhimpun anak Sumatera Utara(Sumut) dan sebagai rumah bersama untuk menampung aspirasi dan permasalahan yang dialami oleh PMI, khususnya anak- anak Sumut di Malaysia, yang selanjutnya disampaikan kepada pemerintah Indonesia dalam hal ini Kedutaan Besar Republik Indonesia(R.I) dan Konsulat Indonesia di Malaysia.

"Seperti pada bulan ini, kerajaan Malaysia memberlakukan kebijakan total lockdown. Ini tentunya menjadi ujian terbesar buat PMI asal Sumut karena diberhentikan sementara dari kerjaan tanpa pampasan ataupun ganti rugi. Dalam situasi inilah, HIMASU bergerak mencari bantuan untuk disalurkan kepada anak anak Sumut khususnya dan warga Indonesia pada umumnya," ucap  Tokoh Masyarakat Asal Sumut tersebut.




Oleh karena itu, sambungnya, atas kerja sama dan kekompakan pengurus Himasu, dalam 2 minggu berhasil menggalang bantuan sembako sebanyak 5 ton beras dibungkus lengkap dengan paket sembako berisi beras 5 Kg, minyak masak, gula, mi instan, telur dan sayur-sayuran dan telah disalurkan kepada yang benar benar berhak menerimanya.Sampai hari ini masih terus dilakukan penggalangan donasi, karena masih banyak Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Sumut yang memerlukan bantuan. 

"Kami mohon doa semua masyarakat Sumut dan warga negara Indonesia pada umumnya, agar diberikan kekuatan kepada pahlawan devisa ini untuk tetap bisa bertahan mengarungi total lockdown yang mudah-mudahan bisa berakhir 28 Juni 2021 ini sesuai imbauan Kerajaan Malaysia,"sebut Ketua Himasu, H.Syafriadi Pasaribu, didampingi Sekretaris H.Muhammad Tohong Hasibuan. 

 (PS/SAUFI)
Komentar Anda

Terkini: