Kapolri Diminta Beri Reward ke Kapolda Sumut Atas Pengungkapan Penembak Wartawan

/ Jumat, 25 Juni 2021 / 01.26.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Kapolda Sumut Irjen Pol ‎RZ Panca Putra Simanjuntak  mengatakan dalam konfrensi persnya di Siantar, Kamis (24/6/2021) sore, otak pembunuh Marsal adalah Sujito pemilik Discoutiqe Ferari. 

Kapolda Sumut berjanji akan menindak tegas siapapun pelakunya, termasuk juga oknum TNI berinisial H yang terlibat yang akan ditangani sesuai aturan militer yang akan ditangani bidangnya.

Kordinator Forum Aktifis 98 Muhammad Ikhyar Velayati mengapresiasi kinerja luar biasa Kapolda Sumut beserta Tim yang dengan cepat dan profesional mampu menangkap pelaku sekaligus dalang pembunuhan wartawan Mara Salem Harahap yang meresahkan masyarakat.

"Masyarakat Sumatera Utara memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya atas kinerja dan profesionalisme Kapolda Sumut beserta jajaran tim yang di bentuk, karena dengan cepat mampu menangkap pelaku sekaligus dalang pembunuhan jurnalis media Mara Salim Harahap. Kinerja kapolda yang luar biasa ini mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Sumut, khususnya pàra jurnalis dan aktifis sosial kemasyarakatan yang selama ini mengadvokasi kasus kasus rakyat dan selalu berhadapan dengan para mafia.Terungkapnya kasus ini sekaligus meningkatkan kepercayaan publik terhadap institusi Polri," ujarnya di Medan, Kamis (24/6/2021).

Menurut Ikhyar perlu ada kerjasama yang lebih erat lagi antara Polri dan awak media untuk melindungi tugas tugas jurnalistik wartawan. "Wartawan sebenarnya melakukan tugas mulia, yakni meliput atau meng-investigasi suatu peristiwa demi kepentingan masyarakat, sekaligus sebagai kontrol sosial dalam proses bernegara. Oleh karenanya tugas wartawan di lindungi oleh UU Pers mo 40 tahun 1999 pasal 8 ayat 1, pasal 4 ayat 3, Yang intinya menjamin kemerdekaan pers serta memberikan perlindungan yang mendasar, menyeluruh, dan profesional terhadap profesi wartawan. Dalam melakukan tugasnya, seringkali mereka berhadapan dengan para mafia yang bisnisnya ilegal, melawan hukum dan merugikan masyarakat. Untuk itu ke depan perlu ada kerjasama yang lebih erat antara polda dan pihak media, buksn saja mengungkap kasus yang melawan hukum dan merugikan negara tetapi juga melindungi media dan pekerjanya, kareña mereka adalah pilar dalam negara demokrasi," tuturnya.

Atas nama masyarakat Sumatera Utara dan mewakili Aktifis 98, saya meminta agar Presiden Jokowi dan Kapolri memberikan reward atas kinerja luar biasa Kapolda Sumut Irjen Pol ‎RZ Panca Putra Simanjuntak. Sebagai masyarakat Sumut saya bangga punya Kapolda seperti beliau," puji Ikhyar. (PS/REL)

Komentar Anda

Terkini: