Ketua KPK Lantik 1.271 Pegawai Dalam Proses Alih Status Jadi ASN

/ Selasa, 01 Juni 2021 / 18.36.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA.COM-JAKARTA-Sebanyak 1.271 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah dilantik dan membacakan sumpah jabatan sebagai aparatur sipil negara (ASN), Selasa (1/6/2021).

Dalam pelantikan yang disiarkan langsung di Kanal Youtube KPK RI, awalnya Ketua KPK Firli Bahuri melantik dua pegawai yakni Sekretaris Jenderal KPK Cahya Hardianto Harefa dan Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan. 

Usai resmi jadi ASN, Cahya kemudian memimpin pelantikan pegawai KPK. Cahya membacakan sumpah ASN yang diikuti oleh para pegawai yang hadir baik secara luring dan daring. "Bahwa saya, untuk diangkat menjadi PNS akan setia dan taat sepenuhnya pada pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah. Bahwa saya, akan mentaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan pada saya dengan penuh pengabdian kesadaran dan tanggung jawab," sebut Cahya diikuti oleh para pegawai KPK lainnya, di Gedung KPK, Jakarta Selatan. 

"Bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah dan pegawai negeri sipil, serta akan mengutamakan kepentingan negara dari pada kepentingan saya sendiri, seseorang atau golongan," ucap janji para pegawai KPK. Pada pembacaan sumpah pegawai negeri sipil itu, para pegawai juga berjanji akan memegang rahasia dan bekerja dengan jujur untuk kepentingan negara. 

Bahwa saya akan memegang rahasia sesuatu yang menurut sifatnya atau perintah harus saya rahasiakan. Bahwa saya akan bekerja dengan jujur, tertib, cermat dan bersemangat untuk kepentingan negara," tutur para pegawai. 

Sebagaimana disampaikan Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, pengangkatan pegawai KPK menjadi ASN berdasarkan Surat Pengangkatan Nomor nomor Kep 000001 - 001269/ Kep/ AD/ 14006/21 Sekjen KPK. 



Ali mengatakan, ada sebanyak 1.271 pegawai KPK yang akan dilantik menjadi ASN. Mereka semua adalah pegawai yang dinyatakan lulus tes wawasan kebangsaan (TWK). Mereka akan mengikuti pelantikan baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Ali menyebut, untuk yang hadir secara langsung mengikuti proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dari Gedung Juang KPK hanya 53 pegawai. Sisanya mengikuti secara virtual. 

Rangkaian pelantikan terdiri dari pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji PNS dan sumpah atau janji jabatan pimpinan tinggi madya, jabatan pimpinan tinggi pratama, dan administrator. 

"KPK akan menyiarkan seluruh rangkaian kegiatan ini secara langsung melalui Kanal Youtube KPK," kata Ali. 

Dalam konferensi pers nya, Ketua KPK RI Firli Bahuri menyampaikan, telah melantik 1.271 pegawai KPK secara langsung dan daring yang terdiri berbagai jenjang. "Semua pegawai KPK yang lulus seleksi 1.271 telah dilantik. Hadir secara fisik di gedung KPK sebanyak 83 di Rutan Guntur sebanyak 12 dan sisanya secara daring zoom. Pelantikan sesuai amanat UU No. 19 tahun 2019," katanya. (PS/DIAN WAHYUDI)


 Yok lihat video nya......



Komentar Anda

Terkini: