Prof. Dr. Sri Minda Murni, M.S : Revitalisasi Perwiridan Menghapus Buta Aksara Al Qur’an

/ Selasa, 22 Juni 2021 / 09.28.00 WIB

"Nyonya Dr. Mutsyuhito Solin, M.Pd. (Wakil Bupati Kabupaten Pakpak Bharat".
POSKOTASUMATRA.COM-PAKPAK BHARAT - Guru Besar Unimed Prof. Dr. Sri Minda Murni, M.S.yang juga adalah Nyonya Dr. Mutsyuhito Solin, M.Pd. (Wakil Bupati Kabupaten Pakpak Bharat) menghadiri perwiridan ibu-ibu di Kuta Delleng,Senin (21/06/2021). Selama 1 jam lebih Ibu Wakil ketua TP-PKK Kabupaten Pakpak Bharat tersebut mencermati bacaan para Ibu dari awal wirid sampai akhir.

Pada sambutannya Ibu wakil ketua TP-PKK Kabupaten Pakpak Bharat tersebut menarik perhatian jemaah dengan mengemukakan 2 buah hadits mengenai keutamaan membaca Al Qur’an. Pertama, Rasulullah SAW bersabda:"Khairukum man ta'allamal qur'ana wa 'allamahu"(Sebaik-baik kamu adalah yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya-HR. Buchari-). Dengan hadits ini, Beliau menegaskan bahwa di dalam Islam untuk menjadi yang terbaik, lintasannya adalah emlalui mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya. Hadits kedua "Iqra'ul qur'ana fainnahu yakti yaumal qiyamati syafi'an li ashabih"(Bacalah Al-Qur'an, karena sesungguhnya pada hari kiamat Al-Qur'an akan memberikan syafaat (pertolongan) bagi orang yang membacanya-HR. Bukhari-.

Nyonya Wakil Bupati Pakpak Bharat itu memberi contoh pelafalan dan panjang pendek yang benar dalam membacakan sejumlah ayat untuk  diperbaiki. Beliau juga menegaskan bahwa beberapa ayat yang dibaca di dalam wirid adalah doa sehingga harus faham artinya agar dapat sepenuh jiwa membacakannya. Contoh yang diberikan adalah ayat terakhir dalam surah Al BAqarah yang beliau kupas bagian per bagian.

Dalam suasana kekeluargaan Ibu Wakil TP PKK mendata para Ibu.  Ada 21 Ibu dari 24 orang peserta perwiridan yang belum mampu membaca Al Qur’an. Prof. Minda mengusulkan penambahan 1 butir kegiatan pada perwiridan yakni belajar membaca Al Qur’an yang dimulai dari Iqro’. Para pengajarnya adalah anggota perwiridan dan beberapa gadis remaja yang sudah fasih membaca Al Qur’an di kuta tersebut.

Dalam akhir pemaparanya menyebutkan,untuk memfasilitasi kegiatan belajar membaca Al Qur’an,dan  Ibu wakil ketua –TP-PKK tersebut menyumbangkan Iqro’ sejumlah yang dibutuhkan sebagai infaq pribadi.(PS/KOTING TUMANGGER).

 

 

Komentar Anda

Terkini: