Kanwil Kemenkum HAM dan Polda Sumut Kerjasama Vaksin Warga Binaan di Rutan Kelas I Medan

/ Senin, 23 Agustus 2021 / 22.25.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Warga binaan Rutan 1 Medan mendapatkan vaksinasi tahap 1 bekerjasama dengan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokkes) Polda Sumut, Senin (23/8/2021). 

Kegiatan Vaksinasi berlangsung di areal terbuka Gedung Serbaguna Rutan 1 Medan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Dijelaskan Kepala Rutan Kelas I Medan Theo Adrianus mengatakan, diawali dengan penyemprotan desinfektan bagi warga binaan yang hendak di vaksin pengukuran suhu badan, kewajiban untuk menggunakan masker dilanjutkan dengan pendataan peserta vaksin.

Warga Binaan, lanjutnya, juga dilakukan scrinning kesehatan fisik sederhana juga identifikasi kondisi penyerta, berikutnya ialah kegiatan inti penyuntikan vaksin kepada warga binaan.

"Selesai vaksin, Warga Binaan diobservasi selama 30 menit apakah peserta vaksin memiliki keluhan atau tidak," katanya. 

Dijelaskannya, kegiatan berlangsung dengan baik dengan dibantu oleh dokter dan perawat dari Polda Sumut serta tenaga kesehatan dari Rutan Kelas I Medan yang dihadiri Kakanwil Kemenkum HAM Sumut Imam Suyudi bersama Kapolda Sumut Irjen Panca Putra. 

"Vaksinasi ini disambut dengan antusias yang sangat luar biasa dari warga binaan yang sudah menunggu kegiatan tersebut. Warga binaan juga menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kakanwil Kemenkum HAM dan Kapolda Sumut," kata Theo Adrianus.

Kegiatan vaksinasi 4.323 warga binaan Rutan Kelas I Medan ini, Irjen Panca Putra dan Imam Suyudi berkomunikasi dengan mereka. Para warga binaan langsung menyampaikan terima kasihnya atas vaksinasi meningkatkan imunity bagi mereka.

Irjen Panca Putra memberikan semangat kepada seluruh tenaga kesehatan di jajaran Polda Sumut dan Kemenkum HAM Sumut serta mengapresiasi tempat vaksinasi Rutan 1 Medan yang sesuai dengan protokol kesehatan. 

Irjen Panca Putra berjanji akan memvaksinasi seluruh Warga Binaan di Rutan I Medan. "Jumlah yang sangat luar biasa ini harus mendapatkan perhatian luar biasa pula, dengan kapasitas 1250 orang tetapi harus dihuni 4323 orang adalah suatu keadaan yang sangat luar biasa yang harus dijaga kesehatan dan keamanannya," kata  Irjen Pol Panca Putra. 

Panca Putra mebgharapkan, dengan adanya vaksinasi ini di Rutan I Medan dapat menjadi herd immunity sesuai dengan program pemerintah untuk percepatan herd immunity di setiap wilayah. 

"Kegiatan vaksinasi ini juga merupakan wujud nyata pemenuhan hak bagi seluruh warga negara Indonesia termasuk warga binaan Rutan kelas 1 Medan yang sedang menjalani hukuman. Diharapkan vaksinasi ini dapat melindungi seluruh warga binaan Rutan 1 Medan dari pandemi covid 19," pungkasnya. (PS/RYANT)






Komentar Anda

Terkini: