Musyawarah LPJ BUMDes Mandiri Desa Perkebunan Dirangkai Pemberian Santunan Dan Bea Siswa Anak Berprestasi

/ Selasa, 24 Agustus 2021 / 21.37.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Musyawarah pertanggungjawaban dan Evaluasi pengelolaan BUMDes Mandiri Desa Perkebunan  Kecamatan Angkola Sangkunur  Kabupaten Tapanuli Selatan  tahun 2020 dirangkai pemberian santunan kepada jompo  sebanyak 6 Orang,Anak yatim 10 Orang dan pemberian bea Siswa Berprestasi  sebanyak 23 Orang digelar hari Selasa sore, (24/08/2021) bertempat di Di Aula BUMDes Mandiri Desa Perkebunan.



Musyawarah laporan pertanggungjawaban Bumdes Mandiri  Desa Perkebunan di hadiri Camat Angkola Sangkunur Muhammad Tohir diwakil Sekcam Drs.Khoirul Saleh, Kepala Desa Perkebunan Julianto,  BPD ,LPMD,Karang Taruna,Pendamping Desa Teknik Infrasturktur (PD-TI) 
,Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Toko Agama,Toko Adat, tokoh masyarakat Ketua PKK,semua pengurus BUMDes, dan lembaga-lembaga.

Kepala Desa Perkebunan Julianto mengatakan bahwa Bumdes adalah merupakan lembaga yang di kelola oleh masyarakat bersama Pemerintah desa sebagai sumber pendapatan desa dalam rangka memajukan perekonomian desa, memajukan pendapatan asli desa, memajukan pengolahan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa dan menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di desa.


Bumdes Mandiri dengan visi misi menumbuhkan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan. Alhamadulilah Bumdes mandiri bisa menyantuni jompo,  anak yatim dan anak anak sekolah yang berperestasi," ucap Kades. 



Lebih lanjut Kepala Desa Perkebunan yang juga Pembina Bumdes Mandiri Julianto mengatakan, " yang menjadi paling penting mendukung penguatan ekonomi perdesaan itu diperlukan secara sistematis untuk mendorong organisasi agar mampu mengelola ekonomi starategi desa dengan menggembangkan jaringan ekonomi pedesaan saat ini merupakan  Bumdes Mandiri yang bergerak  3 unit usaha yaitu dibidang air bersih,  pengadaan barang dan jasa dan pengelolaan  Taman mini Sangkunur Indah.  

Lebih lanjut Kades menjelaskan, Pengelolaan Bumdes ini juga harus di barangi dengan administrasi yang jelas sesuai dengan peraturan yang ada. 

Seterusnya Kades Berharap agar warga masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari hari saat pandemik covid-19, ini untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.


Camat Angkola Sangkunur Muhammad Tohir Pasaribu yang diwakil Sekcam Drs.Khoirul Saleh menyampaikan kepada segenap pengurus Bumdes Mandiri Desa Perkebunan agar terus meningkatkan pelayanan. Karena, keberadaan Bumdes ini mampu menjawab kebutuhan yang di inginkan oleh masyarakat setempat.




"Melalui Bumdes ini mampu menjawab apa yang diinginkan oleh masyarakat dan anggota Bumdes. Jadi, kepada segenap pengurus diminta terus meningkatkan ilmu dan pengetahuan mengelola 3 unit usaha yang dikelola Bumdes Mandiri yaitu pengelolaan air bersih, pengadaan barang dan jasa dan pengelolan taman mini Sangkunur Indah ," ujar  Sekcam Angkola Sangkunur Drs Khairul Saleh. 

Selanjutnya Ketua BUMDes  Mandiri A.Rizky Ananda menyampaikan,"   pelaporan pertanggungjawaban pengelolaan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes) Mandiri dapat di susun dan di selesaikan dengan baik. 

Pelaporan pertanggungjawaban ini di gunakan sebagai wujud pelaksanaan kewajiban dan tanggung jawab dari pengelola Bumdes dalam menjalankan usaha – usahanya dalam satu tahun secara rutin. 

Laporan pertanggungjawaban ini di harapkan dapat memberikan gambaran perjalanan pengelolaan bumdes Mandiri dalam mengembangkan usaha usaha serta sebagai bahan evaluasi dalam membuat kegiatan di tahun berikutnya.

Kami sampaikan terima kasih atas segala dukungan dari  Bapak Kepala Desa  Perkebunan  Julianto dan semua pihak yang telah berperan dalam kegiatan Bumdes Mandiri, semoga Allah SWT  Tuhan Yang Maha Esa memberkati  seluruh pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa dan negara.(PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: