Danlantamal Persiapkan Operasi KAL Pandang Guna Kekuatan TNI AL Lanal TBA Jaga Laut R.I

/ Selasa, 07 September 2021 / 15.25.00 WIB

 


Kunjungan Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Achmad  Wibisono didampingi Bupati Batubara Ir.Zahir Dan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Lanal Tanjungbalai Asahan TB-A Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory serta unsur Forkopimda Batubara resmi lakukan pengoperasian KAL Pandang (PS/SAUFI)

POSKOTASUMATERA.COM-BATUBARA


Kedatangan kunjungan dari 

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal l) Belawan, Laksamana Pertama TNI Achmad  Wibisono meresmikan pengguntingan pita terhadap pengoperasian Kapal Angkatan Laut (KAL) Pandang ke di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjungbalai-Asahan, KAL Pandang jadi kekuatan baru untuk menjaga laut Keamanan Laut Republik Indonesia.

"KAL Pandang I-1-72 ini menjadi alutsista baru dalam patroli keamanan laut khususnya di wilayah perairan Lanal Tanjungbalai-Asahan," kata Wibisono di dermaga C Inalum, Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Selasa (7/9/21).

"Kapal ini diproduksi oleh anak bangsa, yakni PT Palindo Marine, diresmikan sebagai KAL pada 22 Juni 2021. Setelah kita melakukan serangkaian kegiatan persiapan, maka hari ini KAL Pandang sudah siap sepenuhnya beroperasi di wilayah Lanal Tanjungbalai-Asahan," ujarnya.

Bupati Baru Bara, Zahir, serta sejumlah pimpinan Forkopimda juga hadir di acara serah-terima KAL Pandang ini. Wibisono mengatakan kapal ini merupakan buatan dalam negeri.

   
360p

Dia berharap KAL Pandang bisa memperkuat pengamanan laut wilayah Tanjungbalai-Asahan. Wibisono juga menyebut kapal ini bisa digunakan untuk operasi pertolongan dan pencarian.



KAL Pandang memiliki panjang 28 meter, lebar 6,2 meter, dan berat 90 ton. Kapal ini memiliki kecepatan maksimal 28 knot, kecepatan jelajah 18 knot, dengan jumlah anak buah kapal 15 orang, dan mampu berlayar selama 3 hari.

"KAL 28 M :Ukuran Utama Kapal Panjang seluruh (LOA) : +31.00 m panjang platform + 2.50 m.  Leng  Per pendicular (LPP) +28.00 m lebar max (B.WL) +6.20 m . Tinggi  Tengah Kapal (DMLD)  3.15 m Sarat Air (D)1.40 m Displacement Desain 90 tones  Kec. maksimum 28.00 knots  at 100% MCR (2X1900HP MAN V12 1900),Kapal ini dilengkapi persenjataan meriam kaliber 20 mm,"sebut Danlantamal.

"Kehadiran KAL Pandang ini memperkuat keamanan laut di wilayah Tanjungbalai -Asahan dari aktivitas ilegal termasuk juga bisa membantu melakukan pertolongan SAR disini,"disampaikan Danlantamal l) Belawan, Laksamana Pertama TNI Achmad  Wibisono  usai acara peresmian pengoperasian berlangsung.

(PS/SAUFI)

Komentar Anda

Terkini: