Terapkan Prokes, Kadis Pariwisata Tapsel Kukuhkan Kelompok Sadar Wisata Desa Simaninggir kecamatan Tantom Angkola

/ Rabu, 01 September 2021 / 21.36.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Selatan H. A. Saftar Harahap S. Sos mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata Desa Simaninggir Kecamatan Tano Tombangan Angkola Tahun 2021. 

Pengukuhan kelompok sadar wisata desa Simaninggir Tahun  2021, yang digelar di kantor Desa Simaninggir Senin (1/9/2021) yang dihadiri Kadis parawisata Tapsel H. Abdul Saftar, S. Sos. Mewakili Kadis PMD Tapsel, Camat Tano Tombangan Indra Sakti Siregar,S.Sos,
Kepala Desa Simaninggir Donald Simatupang,  Ketua BPD,  Aparat desa Simaninggir dan 34 orang kelompok  sadar wisata. 


Dalam sambutannya Kepala Dinas Parawisata H. A. Saftar Harahap menyampaikan bahwa saya bagian dari masyarakat Kecamatan Tantom Angkola karena saya meniti karir pertama dari Kecamatan Tano Tombangan Angkola sebagai Camat. Ased yang paling berharga di Kecamatan Tantom ini adalah kerukunan umat beragama yang baik.   

Untuk menuju Desa Sadar Wisata itu tak mungkin bisa kalau hanya Kepala Desa Saja yang bekerja,  semua elemen masyarakat harus terlibat, " harap Kadis Parawisata. 

Lebih lanjut disampaikan Kadis Parawisata  Tapsel berharap kepada Camat Tantom Angkola supaya mengarahkan seluruh Kepala Desa di Tantom ini agar sama sama mengusulkan di musrenbang pembangunan jembatan  Sungai Batanggadis yang menghubungkan ke Kabupaten Mandailing Natal.  Sebab kalau hanya mengandalkan APBD untuk membangun tersebut tak mungkin bisa,  APBD Provinsi juga tidak bisa,  yang kita andalkan nanti membangun jembatan tersebut adalah anggaran APBN.  Diperkirakan anggaran jembatan itu menelan biaya Rp 10 Milyard, Ucap Saftar. 


Menurut Saftar  pada kesempatan itu, kehadiran obyek wisata ini selain meningkatkan pendapatan asli daerah, menyerap tenaga kerja masyarakat di lokasi pariwisata, yang ikut diberdayakan dan implikasinya berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.



Mari kita bangun Kecamatan Tano Tombanfan Angkola ini  dengan rasa cinta terhadap seni budaya, adat istiadat, tradisi yang telah menjadi kebanggaan kita selama ini,”himbaunya.

Camat Tano Tombangan Angkola Indra Sakti Siregar, S. Sos menyampaikan maksud  kegiatan fasilitasi Pokdarwis untuk mengembangkan kelompok masyarakat yang dapat berperan sebagai motivator, penggerak serta komunikator dalam upaya meningkatkan kesiapan masyarakat di sekitar destinasi wisata agar dapat berperan sebagai tuan rumah yang baik.

Serta memiliki kesadaran akan peluang dan nilai manfaat yang dapat dikembangkan dari kegiatan pariwisata untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Adapun tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman secara umum tentang pariwisata dan sadar wisata; meningkatkan posisi dan peran masyarakat sebagai pelaku penting dalam pembangunan kepariwisataan Memperkenalkan, lestarikan dan manfaatkan potensi daya tarik wisata yang ada di Desa Simaninggir

Lebih lanjut disampaikan Camat Tano Tombangan Angkola," kita  pantas bersyukur  Desa Simaniggir  ditetapkan desa sadar wisata. Mari  kita sama sama  benahi ased yang sudah ada.  

Ada dua sumbet dana untuk membangun desa sadar wisata yaitu  dari dana Desa dan dana APBD kabupaten  Tapanuli Selatan, " ujar Camat. 

Sememtara Kepala Desa Simaninggir Donald Simatupang dalam sambutannya menyampaikan ," kepada Bapak Kepala Dinas Parawisata Tapsel tolonglah disampaikan kepada Bapak Bupati Tapanuli Selatan agar pembangunan jalan dari Desa Simaninggir sampai ke Sungai Batanggadis dibangun.

 Kami berharap kepada Bapak Camat Tano Tombangan Angkola, Bapak Kadis Parawisata Tapsel untuk memberikan bimbingan dan pengarahan kepada kami warga masyarakat untuk kemajuan Desa Sadar wisata, " harap Kades. (PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: