Dinkes Kota Lhokseumawe Optimalkan Kesehatan Bagi Lansia

/ Selasa, 30 November 2021 / 19.32.00 WIB
dr. Said Alam Zulfikar
Kadinkes Kota Lhokseumawe

PARIWARA

POSKOTASUMATERA.COM| LHOKSEUMAWE - Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe akan segera melakukan tiga hal dalam penanganan kesehatan khususnya bagi kalangan lansia yang ada dalam wilayah Kota Lhokseumawe, dengan tujuannya agar bisa menikmati hari tua dengan penuh kenyamanan terhadap kesehatan yang optimal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dr. Said Alam Zulfikar mengatakan, pihaknya terus berupaya agar kalangan lansia memiliki fisik dan mental yang sehat, terhindar dari berbagai macam penyakit, serta masih mampu memberi manfaat bagi keluarga dan masyarakat.

“Perlu dilakukan gerakan yang masif memasyarakatkan ''Kelanjutan usia Sehat atau Healthy Aging'' agar seluruh masyarakat dapat melalui proses menua dengan sehat dan memiliki kualitas hidup yang tinggi,” ujar Said Alam, kepada media ini (31/1/2021) di Lhokseumawe.

Said menambahkan, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), maka tahun 2019 penduduk lanjut usia sebesar 9,6 persen akan menjadi 16,77 persen pada tahun 2035. Maka harus memiliki kualitas hidup yang baik.

Seiring terjadinya proses menua, juga terjadi proses degeneratif secara alami yang tidak dapat dihindarkan. Tubuh akan mengalami kemunduran fisik, kognitif, dan psikis, sehingga sangat penting untuk menjaga kondisi Lansia tetap sehat selama mungkin.

“Hal tersebut juga sejalan dengan berbagai komitmen global, kebijakan kesehatan lanjut usia telah tertuang sebagai salah satu indikator dalam RPJMN dan Renstra Kementerian Kesehatan tahun 2020-2024,” tutur Said.

Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe mengajak semua kalangan untuk melakukan tiga hal, yaitu Meningkatkan kerjasama baik lintas program, lintas sektor, akademisi, dunia usaha, organisasi masyarakat, serta pihak lainnya dalam upaya peningkatan kesehatan lansia.

Menggaungkan pelaksanaan GERMAS dimulai dari keluarga, serta mendorong lintas generasi yang peduli dan sayang kepada lansia serta mempersiapkan dirinya menjadi lansia yang SMART.

“Kita terus berupaya agar kalangan lansia di Kota Lhokseumawe bisa hidup sehat dan bugar ,” ungkap dr. Said Alam. (PS|DA)
Komentar Anda

Terkini: