Wali Kota Irsan Hadiri Secara Virtual Riset Dan Rating Digital Kota Cerdas Indonesia

/ Selasa, 16 November 2021 / 17.29.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH menghadiri secara virtual Diskusi Kota Cerdas, Riset dan Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia 2021 yang dilakukan secara virtual diikuti para pemangku jabatan di beberapa daerah di  Aula Kantor Walikota Padangsidimpuan, Selasa (15/11).

 


Riset dan Rating Transformasi Digital dan Kota Cerdas Indonesia 2021 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Intitut Teknologi Bandung (ITB) bekerjasama dengan Asosiasi Pemerinth Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).
 
Hal ini bertujuan untuk memotret kesiapan digital kota dan memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kondisi dan permasalahan kota, sehingga dapat dijadikan acuan bagi tata kelola kota di Indonesia.
 
 
Dalam pemaparannya, Walikota Padangsidimpuan menjelaskan tentang kondisi eksisting pembangunan Smart City di Kota Padangsidimpuan. Dimana secara regulasi Pemkot Padangsidimpuan pada tahun 2021 seudah menyampaikan Ranperda tentang E-Goverment kepada DPRD Kota Padangsidimpuan untuk dibahas dan disetujui menjadi perda.
 
Kemudian menerbitkan Perwal Padangsidimpuan Nomor 27 tahun 2021 tentang penyelenggaraan sistem pemerintah berbasis elektronik dan rencana induk SPBE Kota Padangsidimpuan dan adanya website yang terintegrasi dengan aplikasi perangkat daerah.
 
Walikota juga menjelaskan bahwa saat ini pemkot memiliki 8 layanan pemerintah yang sudah terelektronifikasi seperti Hallo Sidimpuan bebasis android, PPID, Webmail, Eplanning, Sipt, Silayda, Siparida dan ELHKPN.
 
Mengenai kesiapan infrastruktur digital Walikota mengatakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi seperti adanya server, storage, router, switch dan koneksi jaringan terpusat pada Dinas Komunikasi dan informatika kota padangsidimpuan. 
 
“Akan tetapi kurangnya sumber daya manusia yang ada dalam mengembangkan teknologi informasi, minimnya sarana dan prasarana dan keterbatasan anggaran menjadi kendala dalam membangun smart city di Kota Padangsidimpuan” ucap Walikota.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: