GMPD Menuntut Janji Bupati dan Wakil Bupati Dairi Pada Waktu Masa Kampanye

/ Rabu, 26 Januari 2022 / 14.57.00 WIB

"GMPD membawa seekor ayam betina,tomat dan bebrapa batang pohon cabai

POSOTASUMATERA.COM – DAIRI – Puluhan orang yang mengatasnamakan dirinya sebgai Gerakan Mahasiswa Pemuda Dairi (GMPD), datangai kantor Bupati Dairi ,Rabu (26/01/2022) untuk mau bertemu dengan Eddy Keleng Ate Berutu selaku Bupati Dairi dan Jimmy  Sihombing selaku Wakil Bupati Dairi menuntut janjinya sewaktu masa kampanye tiga tahun yang lalu.

Adapun pimpinan aksi Prada Maha dan Koordinator Lapangan Firman Lingga mengatakan,berangkat dari kekecewaan masyarakat Dairi atas kinerja  dan janji Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dan wakil Bupati Dairi Jimmy Sihombing pada waktu kampaye tiga tahun yang lalu.

Firman Lingga dan para orator yang lainnya termasuk keluarga besar Gerakan Mahasiswa Pemuda Dairi untuk menolak lupa janji manis,dan segera dituntaskan janji tersebut. Evaluasi 3 tahun kepemimpinan Bupati Dairi dan Wakil Bupati Dairi,dima tahun 2022 ini merupakan tahun ketiga,yaitu mengusung 10 strategi dan arah kebijakan Kabupaten Dairi 5 tahun kedepan.

Adapun 10 program unggulan yaitu: Pertama Pembangunan infrastruktur daerah ( jalan,jembatan,pasar,air minum,listrik,telekomunikasi) yang memadai.Kedua,penataan wilayah pemukiman,bangunan public,dan ruang public yang bersih,aman dan nyaman.Keempat ,meningkatkan pendapatan masyarakat. Kelima Pengelolaan APBD secara efektif,efesien,akuntaber dan transparan. Ke enam ,membuka lapangan kerja dan meningkatkan peluang kerja.

Ketujuh,menjamin kualitas dan keterjangkauan pelayan kesehatan masyarakat yang baik.Kedelapan membangun fasilitas pendidikan yang terjangkau. Kesembila,mengembangkan pontensi daerah yang ada. Dan yang kesepuluh adalah membuka akses informasi dan pemasaran produk unggulan daerah.

Memang sudah ada visi misi terealisasi,namun masih lebih banyak visi misi belum terealisasi.Setelah melakukan diskusi dan kajian Gerakan Mahasiswa Pemuda Dairi (GMPD) akan menyampaikan beberapa tuntutan agar kiranya Dairi Unggul dapat terwujud mengacu pada visi misi Eddy Jimmy.

Tuntutan kami selaku masyarakat adalah pertama PDAM Tirta Nciho harus mendistribusikan air layak keseluruh daerah,melakukan perbaikan infrastruktur jalan seluruh wilayah Dairi,terkhusus Kecamatan atau desa,banyak yang sudah rusak keadaanya.Tentang tata ruang kota,termasuk simbol-simbol budaya dibagunan pemerintah hingga penertiban kabel listrik yang semrawut.

Kedua, meningkatkan peran UMKM dengan memberikan pelatihan,memberi bantuan modal,hingga membantu pemasaran produk.Ketiga,transparansikan pengelolaan APBD dengan ditampilkan secara online.Baik melalui website ataupun media sosial Pemkab Dairi. Ke empat,pembukaan lowongan kerja dan proses seleksi dilingkungan Pemkab Dairi harus transparan. Kelima,meningkatkan pelayana Puskesmas dan Pustu,segera melengkapi fasilitas serta memenuhi segala sesuatu yang menunjang peningkatan akriditasi RSUD Sidikalang.

Ke enam,mewujudkan beasiswa untuk mahasiswa Dairi, baik kuliah di Kabupaten Dairi maupun diluar Kabupaten Dairi.Pemerintah harus menindaklanjuti proses pendirian Universitas Dairi Unggul.Mengingat pada tahun 2019 lalu pendirian Universitas Dairi Unggul dalam proses pemberkasan di kemenristek Dikti. Menggeratiskan penggunaan asset Pemkab Dairi oleh mahasiswa dalam melaksanakan program kerja organisasi. Seperti gedung olahraga mes TWI Sitinjo,Gedung Djauli Manik,Balai Budaya,dan beberapa tempat unmum yang layak digunakan dalam melaksankan program kerja oganisasi, dan program lainnya di Kabupaten Dairi.

Firman Lingga menegaskan,Pemkab Dairi harus segera buat kebijakan terkait harga hasil pertanian yang anjlok,dan harus membangun sebuah sistim yang membantu petani dalam menjual hasil panennya.Juga efektifkan fungsi kartau tani,ungkapnya. 

Pihak keamanan dari satuan Polres Dairi dan satpol PP ikut mengkawal dalam aksi GPMD itu sampai selesai menyampaikan aspirasi mereka. (PS/K.TUMANGGER).

 


Komentar Anda

Terkini: