Bupati Tapsel Terima Penghargaan Dari BPJS Ketenagakerjaan

/ Rabu, 06 Juli 2022 / 19.26.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu, terima piagam penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan. Penghargaan itu diserah atas apresiasi pihak BPJS terhadap Tapsel yang berkomitmen terhadap Inpres No.2/2021 dan terbitnya Perda Tapsel No.5/2021 tentang penyelenggaraan Jamsostek.


Penyerahan penghargaan oleh Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut, Panji Wibisana dirangkai dalam acara sosialisasi Perda No.5/2021 kepada sejumlah pimpinan perusahaan di daerah Tapanuli Selatan yang digelar di Medan. Selasa (5/7) malam.

Usai menerima penghargaan itu,  Bupati mengucapkan terimakasih dan Pemkab Tapsel tetap memberikan perhatian terhadap perlind ungam sosial bagi tenaga kerja,  termasuk tenaga kerja harian lepas(THL)

“Ada tiga perlindungan antara lain, perlindungan kecelakaan kerja, kematian dan hari tua, kepada 1.993 tenaga kerja di Pemkab Tapsel yang dianggarkan melalui APBD dengan anggaran lebih kurang Rp 4 miliar,” jelas Bupati.

Selain itu, ujar Bupati, aparat desa di Tapsel yang terdiri dari 2.847 orang, juga sudah mengikuti program jaminan sosial tersebut yang dianggarkan melalui dana desa senilai Rp 3 miliar lebih, serta guru honorer sebanyak 2.012 juga sudah diberikan perlindungan sosial.

Kemudian, lanjut Bupati, untuk pelaku usaha sudah sudah memberikan manfaat perlindungan sosial kepada pekerja lebih kurang 6.612 orang. Hal yang sama juga berlaku terhadap Jasa Konstruksi atau bagi pemenang tender, dimana anggotanya harus memiliki jaminan sosial tenaga kerja.


Kata Dolly, sejak 2020 pihaknya juga sudah menyentuh sektor keagamaan dengan memberikan perlindungan sosial bagi nazir, marbot dan imam masjid, serta bilal mayit hingga guru sekolah minggu.

“Kita memberikan ruang khusus bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk mensosialisasikan program perlindungan sosial bagi tenaga kerja di Kabupaten Tapsel,” ujar Dolly.

Yang menjadi fokus sosialisasi ini, ujar Dolly, yaitu bagaimana caranya 112.000 orang lagi yang belum tersentuh program jaminan sosial tenaga kerja ini. Sebagai wujud tanggungjawab sosial, kami mengajak bagaimana kita gotong royong dalam menyukseskan hal tersebut.

Sebelumnya, Kepala BPJamsostek Cabang Padangsidimpuan, Sanco Manullang, mengatakan pihaknya berharap dukungan dari Pemkab Tapsel demi kesejahteraan masyarakat khususnya pekerja. Pihaknya juga bersyukur atas terwujudnya perlindungan bagi pekerja sektor keagamaan yang sudah dianggarkan pada APBD Tapsel 2022.

“Kami berharap, atas perhatian terhadap program jaminan sosial bagi warganya dan semoga di tahun 2022 ini Pemkab Tapsel kembali meraih Paritrana Awards,” harap Manullang. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: