6 Besar Calon Panwascam Sudah Diumumpkan, Bawaslu Tapsel Diminta Tidak Terima Panwascam Titipan.

/ Kamis, 20 Oktober 2022 / 12.12.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Sapawi dari Media online Penjuru  meminta Bawaslu Tapanuli Selatan untuk transparan dan tidak terima Panwascam Titipan walaupun ada yang mengaku suruhan oknum Bawaslu Provinsi  Sumatera Utara, dari oknum Ormas,oknum Pejabat dan Berbagai unsur masyarakat lainnya.  Karena Bawaslu Tapsel sudah mengumumkan  hasil tes tertulis calon anggota panwaslu kecamatan se-kabupaten tapanuli selatan pada pemilihan umum tahun 2024 dan perekapan daftar nama dan nilai peserta hasil tes tertulis calon panwaslu kecamatan se-kabupaten tapanuli selatan yang di serahkan ketua bawaslu provinsi sumatera utara. 


Sesuai pengumuman di medsos Bawaslu Tapsel Hari Sabtu (22/10-2022) akan melaksanakan test wawancara di SMA N 1 Sipirok. 


Untuk itu Sapawi berharap,  profesional Bawaslu Tapsel  dalam test wawancara menjadi mutlak, apalagi seluruh Kecamatan di seluruh Indonesia memasuki tahapan Wawancara pada hari Sabtu lusa. 


"Sapawi Berharap, jangan sampai ada titipan-titipan. Apalagi banyak oknum yang berkepentingan untuk Panwaslu  Kecamatan untuk pemilihan Kepala Daerah , Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden di tahun 2024,  karena itu agar Panwascam bekerja profesional diminta Bawaslu Tapsel agar tidak meloloskan Panwaslu Kecamatan "titipan"," harapnya. 

Dari informasi yang beredar diduga Panwascam titipan menjadi bahan perbincangan di tengah tengah  masyarakat baik di kedai kopi, di perkantoran dan tempat tempat umum.
Bila mana dugaan Panwascam titipan banyak, maka dijamin penyelenggaraan pemilu tidak akan netral karena sudah menjadi perpanjangan tangan orang yang berkepentingan pada Pemilu Serentak tahun 2024.," kata Sapawi. 


Jika dugaan adanya Panwascam titipan,  tentu campur tangan pihak ketiga selain Bawaslu Tapsel ini akan mencederai semangat demokrasi.

"Dugaan campur tangan pihak pihak yang berkepentingan  ini bisa merusak demokrasi dan membuat penyelenggara pemilu tidak netral lagi," tegasnya.

Untuk itu, pihaknya meminta Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan untuk tidak meloloskan Calon Panwascam titipan.

"Jika ada dugaan nama nama diduga titipan ini yang lolos Panwascam , berarti proses pemilu tidak akan fair di Tapsel," katanya pesimis.

Maka untuk itu, harap Sapawi, menginginkan kepada  komisioner Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan agar profesional menentukan Panwascam  yang terpilih nanti merupakan orang-orang yang benar-benar netral dan tidak ada unsur kepentingan.

Lebih lanjut disampaikannya, " bahwa  untuk perekrutan Panwaslu Pilkada Tapsel  beberapa tahun yang lewat terlihat sudah mantap dan sesuai aturan, untuk itu diharapkan untuk penentuan Panwascam 15 Kecamatan di Tapanuli Selatan diharapkan juga berjalan sesuai mekanisme aturan yang berlaku," harapnya.

Dari informasi yang diperoleh dilapangan banyak oknum calon Panwaacam yang mencari beking orang yang berpengaruh agar bisa menjadi Panwaslu Kecamatan. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: