Pramuka SMK Negeri 4 Padangsidimpuan Meraih Juara I Lomba Pioneering Menara Pandang

/ Jumat, 07 Oktober 2022 / 13.06.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Pramuka SMK Negeri 4 Padangsidimpuan akhirnya meraih juara 1 pionering membuat menara Pandang se Cabdisdik Sidimpuan  Dalam rangka Perkemahan Bersama Profil Pelajar Pancasila yang dilaksanakan di Lap.Tembak  Desa Pintupadang Julu Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal baru baru ini. 


Menurut Kepala SMK N 4 Padang Sidempuan Drs. Jas Amri M. Pd bahwa Pioneering merupakan suatu kemampuan mendasar dan penting yang harus dimiliki oleh setiap anggota pramuka. Pioneering melatih setiap anggota pramuka menjadi orang yang tekun, ulet dan sabar.


Tim pramuka SMKN 4 Padangsidimpuan dengan sebelum lomba dengan penuh semangat melaksanakan latihan menyambut lomba pioneering tersebut. Alhasil, tim Pioneering Penegak Pramuka  berhasil menyabet juara 1.  “Selaku .Kasek SMK N 4 Padangsidimpuan , saya turut bangga atas prestasi dan kerja keras tim Pramuka SMKN 4  Padangsidimpuan.

 Lomba  pioneering sebenarnya bukan hanya sekadar mengasah keterampilan fisik semata, tetapi juga keterampilan intelektual, emosional dan juga sosial. Dan mereka membuktikan hal itu,” ungkap Drs. Jas Amri M. Pd. 


Lomba Pioneering tahun ini mempertandingkan pembuatan  menara pandang bahan dasar tongkat pramuka dan tali pramuka yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi untuk berteduh atau beristirahat dalam perkemahan. Pertandingan seperti ini menuntut kemampuan dasar pioneering dan juga menuntut kreativitas serta penghitungan yang matang, agar bisa menghasilkan menara pandang  yang kuat dan mampu berfungsi sebaik mungkin. 



Lomba Pioneering ini sebagai ajang meningkatkan keterampilan dan kemampuan diri anggota pramuka. Harapannya, kelak akan berguna tidak hanya bagi kehidupannya dalam kepramukaan, namun juga dalam kehidupan bermasyarakat," ungkapnya. (PS/BERMAWI)





Komentar Anda

Terkini: