Tingkatkan Mutu Pelayanan, RSUD Doloksanggul Laksanakan Bimbingan Akreditasi ke Seluruh Petugas

/ Jumat, 07 Oktober 2022 / 11.41.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - HUMBAHAS - 
Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyrakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbabahas) membuka pelaksanaa Bimbingan Akreditasi. Pelaksanaan Bimbingan Akreditasi ini sekaligus dalam rangka persiapan penilaian akreditasi di tahun 2022. 

Bimbingan Akreditasi ini di ikuti oleh seluruh tim pelayanan medis dan petugas kebersihan RSUD Doloksanggul, yang terbagi menjadi 15 kelompok kerja (pokja) Akreditasi. Ke 15 pokja ini dibimbing langsung oleh komisioner Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang berkedudukan di Jakarta Pusat, demikian disampaikan direktur RSUD Doloksanggul, dr. Heppi Suranta Depari melalui keterangan tertulis yang disampaikan ke awak media, Kamis (07/10/2022) di Doloksanggul.

"Saat ini kita masih akreditasi Perdana atau Bintang satu, dan sekalian harus diperpanjang, karena sudah mau habis masa berlakunya. Namun kita bukan hanya sekedar memperpanjang, tetapi lebih kepada peningkatan status akreditasinya dari bintang 1 ke bintang 5, ini lah yang menjadi target kita, demi meningkatkan kepuasan Pasien yang mendapat pelayanan di RSUD Doloksanggul," ujarnya. 

Happi menjelaskan bahwa Bimbingan Akreditasi itu dilakukan di RSUD Doloksanggul, serta proses pelaksanaan nya dibagi menjadi 3 (tiga) sesi atau tahap, dimana masing-masing sesi di ikuti oleh 5 Pokja. 

Sesi Pertama telah dilaksanakan pada tanggal 14 s/d 16 September 2022, dengan Pembimbing Akreditasi yakni Ibu Nyoman Desak Sithi, S.Kp,Mars, P.hD. Dan pada Sesi ke-2  digelar pada tanggal 26 s/d 28 September 2022, yang dimbing oleh dr. Purwadi, SSiMk., MS.,MARS. Sedangkan untuk pelaksanaan Sesi ke-3 masih menunggu jadwal yang nantinya akan ditentukan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Pusat. 

Selanjutnya, Heppi Suranta mengatakan bahwa materi Bimbingan Akreditasi yang disampaikan meliputi, Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Hak Pasien dan Keterlibatan Keluarga (HPK), Komunikasi dan Edukasi (KE), Manajemen Rekam Medik dan Informasi Kesehatan (MRMIK),  Pencegahan Penyakit Infeksi (PPI), Tata Kelola Rumah Sakit (TKRS), Kwalifikasi dan Pendidikan staf (KPS), manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK), Peningkatan Mutu dan keselamatan Pasien (PMKP) dan Pelayanan Kefarmasian serta Pelayanan Obat (PKPO). 

Adapun Metode yang digunakan adalah bimbingan secara luring, review dokumen, wawancara petugas serta telusur ruangan. Heppi berharap, dengan adanya kegiatan ini Tim Akreditasi RSUD Doloksanggul dapat benar-benar memahami materi yang disampaikan  sehingga dapat dilaksanakan dan diaplikasikan dalam pelayanan di RSUD Doloksanggul.

Salah seorang peserta Bimbingan Akreditasi, L. Simamora yang ditemui awak media mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Dikatakan, kegiatan itu sangat menambah wawasan dalam hal kualitas jasa pelayanan perumahsakitan.  

"Kita sangat senang dengan adanya Bimbingan ini pak. Karena kita dapat ilmu pengetahuan tentang bagaimana meningkatkan dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dibidang perumasakitan," katanya.

(PS/FT)


Komentar Anda

Terkini: