Husni Nazir Asal Panton Labu Provinsi Aceh Raih Predikat Cumlaude di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir

/ Jumat, 11 November 2022 / 06.35.00 WIB

Husni Nazir asal Panton Labu Provinsi Aceh raih prediker comluade Magister di Universitas Al Azhar Kairo Mesir. (FOTO|PS/DAHLAN)

POSKOTASUMATERA.COM| MESIR -  Husni Nazir, berhasil meraih gelar Magister Konsentrasi Ushul Fikih di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Lulus dengan predikat cumlaude bukanlah suatu hal yang mudah, tentu ada upaya upaya yang harus di perjuangkan oleh seorang Husni Nazir.

Husni Nazir mengangkat tema Tesis nya dengan judul: "Kontradiksi dan Pentarjihan Analogi Deduktif dalam Kitab Majmu’ karya Imam Nawawi: dari Kitab Al-Ath'imah sampai Kitab Kitab Bai' al-'Arāyā (Kitab Hukum Makanan Sampai Kitab Jual Beli Buah yang Masih Tumbuh di Pohon dan Buah yang Sudah Panen)".

Ujian Sidang Tesis terbuka berjalan demikian lancar. Dalam Acara yang begitu sakral tersebut  turut dihadiri mahasiswa Aceh, Indonesia umumnya, lintas negara, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Ujian sidang dilaksanakan di Auditorium Muhammad Fuad Nadi, Fakultas Syariah wa Al-Qanun, Universitas Al-Azhar, Kota Kairo, berlangsung selama 3 jam.

Kendati demikian, Husni Nazir berhasil mempertahankan tesisnya di hadapan dua penguji yaitu Prof Dr Mahmoud Abdurrahman Abdul Mun’im dan Prof Dr Ahmad Mukhtar Mahmud Hasan yang dikenal sebagai Pakar Usul Fikih Universitas Al-Azhar.

Husni juga mendapatkan pujian, doa, dan harapan dari Prof. Dr. Mahmoud Abdurrahman Abdul Mun’im, yang merupakan salah satu dewan penguji sidang, "Saya melihat masa depan yang cerah sedang menantinya. Semoga Allah menjadikannya sosok yang bermanfaat bagi bangsanya dan seluruh umat Islam". Sebut pakar ushul fiqh Mesir.

Prof. Dr. Mahmoud Abdurrahman Abdul Mun’im menambahkan, "Tesis ini adalah bukti bahwa Ananda Husni Nazir benar-benar menguasai Ilmu Ushul Fiqh, Pemahamannya jernih, konsepnya jelas.

Ketua Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Budi Triono, Mesir juga turut mengapresiasi Lika liku proses seorang Husni Nazir dan berharap mahasiswa Aceh yang lain dapat memperjuangkan kesempatan yang sama dalam menuntut ilmu di Universitas Al-Azhar.

“Kami sangat bangga kepada Saudara kami Husni Nazir yang telah mengharumkan nama Aceh di kancah Internasional. Semoga mahasiswa Aceh di Mesir lainnya bisa mengikuti jejak beliau,” ucap Budi Triono.

Sementara itu, putra Asal Panton Labu, Aceh Utara, Husni Nazir mengucapkan,  rasa terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak, terutama orang tua, istri, anak, keluarga, dan para guru yang sudah menjadi support sistem bagi dirinya.

"Kepada guru-guru saya di SD Panteu Breuh, SLTP 1 Tanah Jambo Aye, Pondok Pesantren Bustanul Ulum Langsa, serta guru-guru saya di Universitas Al-Azhar".

Juga terima kasih saya ucapkan kepada Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) sebagai rumah saya di perantauan, dan KBRI Kairo yang terus memberikan pelayanan dan keamanan bagi seluruh mahasiswa Indonesia di Mesir.

Sekali lagi terimakasih semuanya, semoga Allah membalas segala kebaikan kita semua, Aaminn. ujar Husni. (PS/D.AMRY)

Komentar Anda

Terkini: