Simak Tips Merawat Sandal Biar Awet dan Tidak Gampang Bau

/ Rabu, 16 November 2022 / 12.42.00 WIB

 

Photo by Jakob Owens on Unsplash

SANDAL adalah salah satu jenis alas kaki yang disukai oleh berbagai kalangan dan gender mengingat kenyamanan yang bisa ditawarkan oleh alas kaki ini. Sandal juga banyak dikenakan di negara yang sedang mengalami musim panas atau negara seperti Indonesia yang beriklim tropis.

Sayangnya, frekuensi dan durasi pemakaian sandal yang cukup sering dan lama membuat sandal favorit Anda bisa mudah bau, lecet, hingga bahkan rusak dalam waktu yang cepat. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus merawat sandal dengan tips yang benar-benar tepat sasaran!

7 Tips Merawat Sandal agar Awet

Agar sandal yang Anda miliki tetap kuat dan awet meskipun telah dikenakan dalam jangka waktu yang lama, tips merawat sandal berikut bisa coba Anda praktikkan!

1. Bersihkan Sol Bagian Dalam

Bekas kotoran atau noda yang ada pada sol bagian dalam dari sandal milik Anda bisa membuat sandal terlihat dekil dan usang. Beberapa jenis noda bahkan tidak bisa luruh atau berkurang sekalipun Anda telah mencoba membilas atau mencucinya dengan air dan sabun. 

Untuk mengatasi permasalahan noda pada sol bagian dalam yang tidak bisa ditangani dengan metode biasa, Anda bisa memanfaatkan produk semprotan pembersih noda pada lapisan di permukaan kain dan sikat gigi untuk menyikatnya. Usap lembut area yang sudah dibersihkan dengan kain lembut setelah noda mulai terlihat menghilang.

2. Menghilangkan Bau

Sandal adalah produk alas kaki yang kerap digunakan ketika cuaca sedang panas-panasnya. Sandal juga kerap digunakan di sebagian besar kegiatan atau rutinitas sehari-hari, seperti saat sedang bersantai di rumah atau ketika Anda harus menghadiri acara yang tidak mengharuskan Anda tampil dengan gaya busana formal.

Keringat akibat frekuensi dan durasi pemakaian sandal bisa membuat keringat dari telapak kaki berpindah pada sandal dan menimbulkan bau tak sedap. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan tea tree oil yang memiliki kandungan antibakteri untuk memusnahkan penyebab bau.

3. Rajin Mencuci

Jika Anda memiliki sandal berjenis PVC alias terbuat dari bahan plastik, Anda mungkin tidak perlu merasa cemas dengan kebersihannya karena karakteristik plastik yang tahan air dan mudah dibersihkan ketika terkena noda. Namun, Anda tetap harus merawat sandal jenis ini dengan cara mencucinya dengan rutin dan membersihkan noda pada sandal segera setelah terkena noda.

4. Menyemir Sandal

Sandal dengan permukaan yang licin dan mengilap, juga memiliki karakteristik yang tahan terhadap cipratan air. Meskipun begitu, sandal yang terbuat dari bahan karet atau dengan karakteristik yang disebutkan sebelumnya, cenderung mudah lecet dan tergores. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa mengaplikasikan semir berwarna netral atau berwarna sama dengan sandal Anda untuk menutupi bekas tersebut.

5. Mengaplikasikan Semprotan Pelindung

Menggunakan protective spray yang memiliki fungsi untuk mencegah sandal baru milik Anda terkena air alias waterproof dapat mengurangi risiko lecet pada permukaan sandal ketika produk itu terkena cipratan air dan kotoran saat digunakan. Produk semprotan pelindung ini juga cukup bermanfaat bagi sandal dari bahan kulit, suede maupun nubuck.

6. Membersihkan dengan Alkohol

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika Anda memiliki sandal yang terbuat dari bahan kulit yang diamplas dari dalam atau kulit suede maka melindungi sandal dengan protective spray adalah langkah yang bijak. 

Namun, jika sandal Anda telah terlanjur terkena noda sebelum Anda mengetahui tips di atas, Anda bisa mencoba melunturkan noda dengan menggosok alkohol ke bagian yang bernoda dengan menggunakan bola-bola kapas dan ampelas.

7. Membersihkan dengan Cuka

Cuka yang dicampur dengan air juga bisa menjadi metode untuk membersihkan bagian sandal yang terbuat dari kulit tanpa merusaknya. Langkahnya cukup sederhana, Anda hanya perlu mencampurkan dua bahan tersebut dan mengaplikasikan campuran tersebut pada bagian yang ingin dibersihkan dengan menggunakan busa lembut. Angin-anginkan sandal dan gunakan leather conditioner jika diperlukan.

Selain merawat sandal dengan tips-tips di atas, Anda juga bisa membeli produk sandal dengan merek Birkenstock yang awet dan tidak mudah putus. Anda bisa mendapatkannya lewat offline store atau authorized online dealer yang telah berafiliasi dengan beberapa e-commerce terkemuka tanah air, salah satunya Blibli.

Di Blibli, Anda bisa memperoleh produk sandal Birkenstock dengan kualitas warna bagus, orisinal, dan rentang harga bersaing dengan gerai konvensional. Dapatkan pula penawaran promo potongan harga, kupon gratis ongkos kirim, dan jasa pengiriman super cepat sesuai preferensi dan kebutuhan dari Blibli. (**)


Komentar Anda

Terkini: