Wakil Bupati Pakpak Bharat Membuka Sminar Sehari Adat dan Budaya Pakpak Berlangsung Dengan Baik

/ Jumat, 25 November 2022 / 10.08.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - PAKPAK BHARAT -  Seminar Sehari Peraturan Bupati Pakpak Bharat tentang Lembaga Adat dan Budaya Pakpak serta Pakaian Adat Pakpak telah terlaksana dengan cukup sukses. Acara yang digelar di Gedung Serba Guna, Salak ini digagas oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pakpak Bharat dengan tujuan untuk menjaga kelestarian dan eksistensi adat budaya Pakpak serta Pakaian adat Pakpak tetap lestari sepanjang masa.

Adat dan budaya Pakpak, serta pakaian adat Pakpak yang kita punya adalah kekayaan yang tidak ternilai dan perlu kita jaga dan lindungi agar tetap lestari, dan untuk tujuan itulah kita adakan seminar ini, kita perlu membuat suatu pemahaman bersama tentang adat budaya kita ini, ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pakpak Bharat, Drs. Bambang Sunarjo Banurea, MM.

Seminar yang dilaksanakan pada 24 november 2022 ini dibuka oleh Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd serta turut dihadiri oleh sejumlah Anggota Komisi III DPRD Pakpak Bharat, perwakilannPengurus Sulang Silima Marga dan Lebbuh dari seluruh wilayah Kabupaten Pakpak Bharat, para praktisi adat serta undangan lainnya.

Dalam seminar ini telah disepakati dua Rancangan Peraturan Bupati tentang  Lembaga Adat Sulang Silima Marga-Marga Pakpak Suak Simsim dan Pakaian Adat Tradisional Pakpak di Kabupaten Pakpak Bharat. Selain itu juga di sepakati bersama teknis dan waktu pelaksanaan Kerja Menanda Tahun di masing-masing Lebbuh yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat.

Seminar ini menjadi sangat penting mengingat keberadaan Lembaga Adat Sulang Silima dan Pakaian adat Pakpak adalah elemen yang sangat penting bagi bumi "Bage Ate Rezeki Bage Tennah Sodip" ini.

Saran dan Masukan dari para peserta Seminar menjadi hal menarik dalam diskusi ini, kita berharap diskusi dan musyawarah terbuka ini menjadi motivasi bagi kita untuk tetap bersatu menjaga dan melestarikan adat dan budaya kita di Kabupaten Pakpak Bharat tercinta ini, dan terimakasih kami sampaikan kepada seluruh undangan dan tokoh-tokoh adat dari setiap marga atas kehadiran dan partisipasi berupa saran dan masukan positif terhadap Peraturan Bupati ini, ungkap Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, Dr,M.Pd saat membuka acara seminar.  (PS.K.TUMANGGER).

 

 

Komentar Anda

Terkini: