Waris Tholib Kampanyekan Program Penurunan Stunting Di Kota Tanjungbalai

/ Sabtu, 24 Desember 2022 / 00.43.00 WIB

 



POSKOTASUMATERA-COM-TANJUNGBALAI

Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungbalai melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kota Tanjungbalai bertempat di halaman Kantor dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Tanjungbalai Kota I, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Tanjungbalai.

Kegiatan tersebut tentang Pencanangan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana- Kesehatan Kota Tanjungbalai Tahun 2022.

Walikota Tanjungbalai H.Waris Tholib menyampaikan bahwa  ini merupakan kegiatan tentang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Dalam laporannya, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungbalai Darul Yana Siregar mengatakan kegiatan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kota Tanjungbalai merupakan rutin setiap tahunnya, yang mempunyai komitmen penurunan TFR Kota Tanjungbalai dengan cara mengadakan pelayanan KB gratis agar para ibu-ibu dapat mengasuh para buah hati nya lebih fokus dan terencana sehingga dapat meminimalis jumlah anak anak stanting tidak mengakibatkan bertambahnya stunting di Kota Tanjungbalai. 

"Sasarannya adalah pasangan usia subur belum ber-KB yang berada di kelurahan Se-kota Tanjungbalai. Target peserta KB baru hasil kegiatan pencanangan bhakti sosial bangga kencana tahun 2022 ini didapat Akseptor sebanyak 105 Akseptor," jelas Walikota Tanjungbalai.

Saya dalam sambutan mengucapkan Pada tahun ini pelaksanaan PKK KB kesehatan bertemakan mewujudkan keluarga berkualitas bebas stunting guna percepatan program KB peningkatan kesehatan ibu dan pencapaian peserta KB aktif masing-masing kelurahan yang saat ini posisi nya baru 37% seiring dengan target penurunan stunting di Kota Tanjungbalai, maka diharapkan ibu pasangan usia subur harus fokus terhadap kesehatan ibu dan anak, ibu sehat anak pun sehat, sehingga tidak ada stunting di Kota Tanjungbalai menuju Tanjungbalai sehat sejahtera.

"Mari kita canangkan 4 komitmen kita yakni Jangan terlalu muda melahirkan di bawah 21 tahun, Jangan terlalu tua untuk melahirkan di atas 35 tahun, Jangan terlalu dekat jarak kelahiran, serta Jangan terlalu sering melahirkan,"sebut Waris Tholib.

Selanjutnya, Saya meminta kader PKK kelurahan untuk turut serta mensosialisasikan pentingnya SDM yang berkualitas, mengikut sertakan pasangan usia subur (PUS) untuk ber-KB, menekan Pasangan Usia Subur yang tidak ber-KB (UNMEETNEED) meningkatkan peserta KB aktif, PKK bersama tenaga kesehatan serta pemerintah kota Tanjungbalai bersinergi dan bekerja sama dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik di bidang KB sehingga terwujud keluarga berkualitas yang sejahtera dan bahagia dua anak lebih sehat. 

"Saya berharap kepada PLKB kecamatan dan para kader PKK Se- kelurahan Kota Tanjungbalai, untuk mengkampanyekan  program ini, agar penurunan stunting di kota Tanjungbalai cepat selesai,"sebut Walikota Tanjungbalai.

Pada kesempatan tersebut juga menyerahkan Target PKK KB Bangga Kencana Kesehatan di 6 (ENAM) Kecamatan Se-kota Tanjungbalai serta peninjauan lokasi pelayanan kesehatan.

Turut hadir Inspektur Kota Tanjungbalai. Fitra Hadi, Plt Kasat POL-PP Pahala Zulfikar Panjaitan, Ketua IBI Tanjungbalai Herlina Herawati, Sekretaris TP-PKK Irma Suryani, para kader PKK serta masyarakat. (PS/SAUFI)
Komentar Anda

Terkini: