Desa Sialogo Kec. Angkola Barat Kab. Tapsel Ditetapkan Desa Binaan Kategori PAAR

/ Rabu, 18 Januari 2023 / 22.43.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Desa Sialogo Kec. Angkola Barat Kabupaten  Tapanuli Selatan  ditetapkan menjadi desa binaan kategori Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Tahun 2023. Sesuai dengan Keputusan Bupati Tapanuli Selatan No. 188.45/546/KPTS.

Sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) koordinator adalah Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan. 


Pada hari ini Rabu tanggal 18 Januari 2023 beberapa OPD dan TP. PKK Kabupaten Tapsel melakukan pembinaan perdana ke desa Sialogo yaitu Dinas PPPA sebagai Koordinator,  Dinas Kominfo, Dinas PMD, Dinas Sosial, Dinas Dalduk dan KB, Dinas Perhubungan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Badan Kesbangpol, Dinas Perpustakaan, Dinas Perikanan, PPL Pertanian, PPLKB, BPBD, BPKAD, TP. PKK. Kabupaten dan rombongan. 



Acara ini juga dihadiri oleh Camat Kec. Angkola Barat Muhammad Thohir Parlindungan Pasaribu S. Sos beserta TP. PKK Kecamatan dan rombongan. 


Dalam sambutannya Plt. Kadis PPPA Hubban Hasibuan S. Sos, M.Kes menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada masyarakat Desa Sialogo karena antusias masyarakat yang sangat tinggi karena bangga desa mereka dijadikan sebagai desa binaan PAAR Tahun 2023.



"Saya sangat bangga melihat antusias masyarakat menerima rombongan tim pembina dari Kabupaten dan Kecamatan" Boleh dikatakan cukup lengkap yang hadir disamping Kepala Desa dan Ibu Kades juga hadir seperti Tokoh masyarakatnya, Cerdik pandai, alim ulama, hatobangon, perangkat desa, LKMD, Naposo Nauli Bulung, Kelompok Dasawisma Desa, PKK desa, Bidan Desa dan masyarakat cukup ramai menghadirinya. 

 

Hal yang paling membanggakan lagi ternyata Kepala Desa Sialogo Junior Franky Siregar sudah membentuk 7 Kelompok Kader sebagai indikator program desa binaan PAAR yaitu :  Kader Bela Negara, Kader P4, Kader PAAR, Kader PKDRT, Kader GN.AKSA, Kader NAPZA dan Kader Tertib Administrasi Kependudukan. Ini membuktikan bahwa masyarakat mendukung program desa binaan PAAR di desa ini. 


Dalam kesempatan ini juga Plt. Kadis PPPA Hubban Hasibuan S. Sos M. Kes yang didampingi oleh Kabid PHA Dewani Harahap, SKM, MKM menghimbau  kepada seluruh masyarakat supaya tetap hadir ketika jadwal pembinaan dilakukan oleh OPD Pembina dan PKK Kabupaten serta Kecamatan. 


Dalam rangka pembinaan harus kita ingat slogan " Rap Ra Rap Ro" (Sama-sama mau dan sama-sama datang)Terkait Tekhnis pembinaan akan kita atur dengan jadwal sehingga  OPD pembina melakukan pembinaan secara bergantian sesuai waktu yg sudah kita sepakati," ucap Hubban Hasibuan. 


Kepada OPD pembina kami mohon untuk menyampaikan program kegiatannya di desa binaan ini melalui Dinas PPPA sebagai koordinator," harapnya. 

 

Dan saya juga mengingatkan terutama kepada aparat desa supaya mendokumentasikan semua proses pembinaan baik dalam bentuk foto maupun Video, karena dokumen ini menjadi bahan penyusunan laporan monitoring dan evaluasi nantinya oleh Provinsi. 


Oleh karena itu dokumen sebelum dan sewaktu serta sesudah pembinaan harus dibuat dengan baik. 

Termasuk yang harus kita pikirkan bersama adanya inovasi spesifik daerah yang ditonjolkan serta yel-yel yang meriah dari kelompok dasawisma," ucap Plt Kadis PPPA. (PS/BERMAWI)





Komentar Anda

Terkini: