Kacabdis Pendidikan Sidimpuan Prov. Sumut. Resmikan Koperasi Bunga Berseri SMA N 1 Sayurmatinggi

/ Rabu, 18 Januari 2023 / 07.37.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sidimpuan Provinsi Sumatera Utara Marwan Fauzi S. Sos diwakili Kasubbag TU Mangatas Siregar S. Pd  bersama kepala SMA N 1 Sayurmatinggi didamping  Pengawas Pembina SMA N 1 Sayurmatinggi  Drs. Mukty Hidayatullah Nasution MM  dan Komite Sekolah meresmian koperasi bunga berseri SMA N 1 Sayurmatinggi Selasa (17/1-2023).


"Peresmian koperasi Bunga Berseri SMA N 1 Sayurmatinggi ditandai pembukaan kain  dan tepung  tawar koperasi oleh Kacabdisdik Sidimpuan,  Kepala SMA N 1 Sayurmatinggi,  Pengawas SMA N 1 Sayurmatinggi, komite sekolah dan guru guru.

Pantauan awak media online sebelum peresmian koperasi bunga berseri diwarnai pertunjukan seni oleh Siswa/i SMA N 1 Sayurmatinggi. 


Kacabdisdik Sidimpuan Provinsi Sumatera Utara Marwan Fauzi S.Sos diwakili KTU Mangatas Siregar, S. Pd  dalam arahannya menyampaikan titip salam dan permohonan maaf Kacabdisdik Sidimpuan Marwan Fauzi S. Sos tidak bisa hadir karena  beliau berangkat tadi malam ke Medan ada urusan kantor  yang harus dikerjakan sehingga beliau mendelagasikan kewenangan  kepada saya  sebagai KTU sebagai perwaklan dari Kacabdis  dalam hal peresmian koperasi bunga berseri SMA N 1 Sayurmatinggi. 



Saya mewakili Kepala  Cabang Dinas Sidempuan Provinsi Sumatera Utara menyampaikan kepada bapak Awal Sakti Harahap S. Pd M. Si  sebagai pimpinan kepala sekolah itu harus memiliki beberapa kompetensi diantaranya kompetensi manejerial kemudian kompetensi kewirausahaan.



Untuk kompetensi kewirausahaan  sebagai contoh adalah  membentuk  koperasi Sekolah.  Karena tujuan koperasi  ini adalah untuk kesejahteraan seluruh anggota," pungkas Mangatas Siregar S. Pd. 



Sesuai arahan Kepala Sekolah yang saya dengar,  yang melatar belakangi pembentukan koperasi di SMA N 1 Sayurmatinggi adalah bahan kebutuhan pembelajaran yang diperlukan siswa siswi di SMA ini tidak terpenuhi dilingkungan sekolah jadi harus keluar sekolah ke Pasar Sayurmatinggi sekitar 1 KM dari sekolah ini," ujarnya. 


Setelah berdiri warung yang dikelola  koperasi ini,  diharapkan dari jam pertama mata pelajaran  sampai jam terakhir harus berada di lingkungan sekolah," ujar Kacabdis yang diwakili KTU. 



 Tujuan siswa/i  itu datang ke sekolah adalah untuk belajar,  jadi kalau selama ini siswa/i keluar sekolah untuk pembelian keperluan pembelajaran  maka akan mengganggu proses pembelajaran,"ucapnya. 



Pesan Kacabdisdik Bapak Marwan Fauzi S. Sos kepada tenaga pendidikan maupun tenaga kependidikan harus  berkolaborasi dengan koperasi dan harus bekerjasama," ucap Mangatas Siregar. 



Kami menghimbau kepada keluarga besar SMA N 1 Sayurmatinggi untuk menjalin kerjasama yang baik kepada semua pihak baik guru maupun tenaga pendidik," harapnya. 




Kami mengapresiasi bapak Kepala Sekolah yang telah menyampaikan point point yang telah diperbuat   sejak beliau dilantik menjadi kepala sekolah. Dan saya memberikan apresiasi dan terimkasih atas kinerja keras Kepala Sekolah dalam membina dan mendidik  anak anak kita ini agar menjadi orang orang hebat dan berguna bagi diri sendiri,  keluarga dan bangsa dan negara indonesia," ucap Mangatas Siregar. 



Nantinya akan kita lakukan peresmian koperasi bunga berseri SMA N 1 Sayurmatinggi, Mudah mudahan siapapun yang menjadi pengurus koperasi ini diharapkan amanah kemudian bertanggung jawab," bebernya. 



Sesuai prinsip koperasi untuk kesejahteraan anggota, diharapkan  diakhri tahun  nanti akan  ada pembagian  SHU, tentunya akan dibagi kepada seluruh anggota. Sehingga apa yang dilaksanakan Kepala SMA N 1 Sayurmatinggi sebagai salah satu untuk  mewujudkan visi misi Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi yaitu mewujudkan masyarakat Sumatera Utara Yang Bermartabat, " pungkasnya. 



Saya juga mengapresiasi pertunjukan seni yang dilaksanakan siswa/i SMA N 1 Sayurmatinggi. Untuk itu diminta kepada ananda sekalian agar terus mengembangkan bakatnya karena nanti akan ada Perlombaan pentas seni tingkat Provinsi Sumatera Utara,"ujarnya.


"Sebelumnya Kepala SMA N 1 Sayurmatinggi Awal Sakti Harahap S.Pd M. Si menyampaikan, " sejak saya deberi amanah oleh Pemerintah sebagai Kepala Sekolah pada Tgl 4 Agustus 2022 lalu. Amanah itu  saya teruskan dengan tugas yang belum selesai diberikan Oleh Ibu Kepala Sekolah yang lama. 



Disampaikannya, " begitu banyak tugas yang belum terselesaikan sejak saya bertanggungjawab penuh di sekolah ini.  Inilah yang harus dibenahi satu persatu agar proses pembelajaran siswa/i berjalan aman dan lancar di sekolah ini.


Walaupun begitu banyak kendala yang dihadapi di sekolah ini,  berkat kolaborasi antara Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah,  komite dan guru guru kita bangun beberapa ruangan seperti ruangan Koperasi yang akan kita resmikan hari ini,  membangun ruang osis,  membangun ruang pramuka,  membangun ruang agama,  membangun ruang pembelajaran dan mengganti seng yang bocor, " ucap Kasek. 



Disampaikan, " sejarah pendirian koperasi ini hanya gara gara beli pulpen harus pergi ke pasar Sayurmatinggi,  berapa lama waktunya tersita sehingga proses belajar mengajar terganggu, " ujar Kasek. 



Lebih lanjut disampaikannya," koperasi ini adalah milik kita bersama, untuk itu mari sama sama kita rawat, kita belanja di koperasi.  Warung koperasi kita akan menjual  makanan ringan, kebutuhan ATK,  dan direncanakan menjual kebutuhan rumah tangga seperti beras,  minyak  dan insya Allah akan kita lanjutkan koperasi bersifat simpan pinjam, " ucapnya.



Amanah yang diberikan kepada saya selaku kepala sekolah tidak tanggung tanggung jawab kepada pimpinan dan kepada Allah SWT," ujarnya. 



Dalam mendidik siswa/i  agar berdisplin saya membuat tata tertib yang berbentuk point antara lain: bagi anak yang tidak patuh terhadap peraturan sekolah hal ini selalu disampaikan kepada orang tua siswa/i, ada yang melawan sama guru kita panggil orangtua," ujar Awal Sakti Harahap. 



Seterusnya Kasek menyampaikan,  bahwa keberhasilan peserta didik adalah disiplin,  untuk itu sikapmu selama ini yang kurang baik kami luruskan,  baik displin kehadiran,  kedisplinan pakaian,  dan tatakrama," ucap Kasek.  



Begitu juga untuk guru kita terapkan  disiplin yaitu  kepada guru yang terlambat akan diberikan sanksi tegas, " pungkas Kasek yang dekat dengan wartawan. 



Sementara Komite Sekolah SMA N 1 Sayurmatinggi A.Lubis menyanpaikan kami dari komite sekolah memberikan apresiasi dan terimkasih atas program yang dibuat Kepala Sekolah.



Komite sekolah meminta anak anak agar belanja di Warung koperasi ini karena harga sama dengan di grosir Pasar sayurmatinggi," ujarnya.


"Sementara pengawas Pembina  SMA N 1 Sayurmatinggi Drs. Mukti Hidayatullah Nasution MM menyampaikan berkat semangat dan bimbingan Kepala Sekolah mudah mudahan anak kita kedepan sukses.



Saya sudah 7 tahun menjadi Kepala SMA N 1 Sayurmatinggi, dan saya sependapat dengan apa yang disampaikan kepala sekolah bahwa kunci utama kesuksesan koperasi adalah amanah," ujarnya.



Koperasi bunga lestari di SMA N Sayurmatinggi kita harapkan koperasi ini bisa berkembang di tangan pengurus yang amanah. 


Kemudian di sekolah ini ada 17 PNS,  dari tahun ini sampai tahun 2028 akan ada 7 orang guru yang akan pensiun. Untuk itu diharapkan kepada ananda sekalian sebagai generasi penerus bangsa agar menghargai guru dan sayangi temannya," ucap Mukty.

Disampaikan," kepada guru dan siswa/i saya sampaikan kunci keberhasilan itu  adalah disiplin. Kami yakin dengan disiplin yang diterapkan pihak sekolah anak anak kita akan sukses. Tanpa disiplin kamu tidak akan  berhasil  nanti," ujar Pengawas.



Kita harus budayakan  malu datang terlambat,  malu tidak mengikuti tata tertib sekolah," Lanjut mantan Kasek SMA N 1 Sayurmatinggi. 



Pada kesempatan ini kami ucapkan selamat kepada koperasi bunga berseri. Mudah mudahan koperasi ini berkembang dan lancar,"harapnya.


Turut hadir hadir dalam acara tersebut Kacabdis Pendidikan Sidempuan Provinsi Sumatera Utara yang diwakili KTU Mangatas  Siregar, S. Pd. Pengawas pembina SMA Drs. Mukty Hidayatullah Nst MM, Wakil Kepala Sekolah, Guru guru, tata usaha dan siswa/i dan rekan rekan media dan mahasiswa PKL.



Acara diakhiri makan bersama dan masing masing siswa/I menyanyikan lagu kesayangannya.(PS/BERMAWI)




Komentar Anda

Terkini: