Kepala SMK N 2 P. Sidempuan Bersama Kacabdisdik Sidimpuan Panen Cabe Merah

/ Jumat, 13 Januari 2023 / 18.18.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  N 2 Padang Sidempuan Andika Saputra Silalahi S. Pd MM bersama Kacabdisdik Sidimpuan Provinsi Sumatera Utara Marwan Fauzi S. Sos yang diwakili Kasi SMK Al Benny Hevi Damanik, SP. MM , guru guru dan siswa/i panen cabe merah di SMK N 2 Padangsidimpuan Jum'at (13/1-2023).


Penanaman cabe merah tersebut sebagai tindak lanjut   himbauan dari surat edaran Gubernur Sumatera Utara No.521/10269. Agar seluruh jajaran PNS/ASN dibawah jajaran Pemerintah Provinsi Utara menanam cabe merah sebagai antisipasi terjadinya krisis pangan," pungkas Andika Saputra Silalahi. 



"Kepsek SMK N 2 Psp, Andika Saputra Silalahi, S.Pd.,M.M. juga mengapresiasi kegiatan tanam cabe ini berkat kerjasama guru guru dan Siswa/i akhirnya hari ini panen bersama terwujud. 


"Lebih lanjut disampaikannya," Penanaman cabe merah ini merupakan program dan  arahan  Gubsu, Bapak Edy Rahmayadi maka dengan itu kami taat dan patuh apa yang diharapkan oleh Gubernur Sumatera Utara Bapak Edy Rahmayadi,  " ujarnya. 


Kegiatan ini sebagai upaya mencegah terjadinya krisis pangan. Apalagi beberapa bulan yang lalu harga cabe merah sangat  mahal. Cabe juga merupakan indikator tingkat inflasi daerah," Andika Saputra Silalahi. 


Pantauan awak media online, " Panen cabe juga dihadiri guru-guru dan siswa-siswa SMK N 2 Psp, Mereka juga merasa ikut bergembira karena di lingkungan sekolah ada kebun cabe merah. Sehingga memberi mereka pembelajaran tentang cabe yang bisa diterapkan di kebun atau dipekarangan rumah masing masing. 



Dalam kesempatan panen cabe merah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sidimpuan Marwan Fauzi S. Sos melalui Kasi SMK Al Benny Hevi Damanik, SP MM sangat simpati dan terharu. "Cabe merah merupakan salah satu komoditas yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,  Cabenya ini sudah bagus," ujarnya. 


Panen hari ini, harapan kita agar sekolah-sekolah lain di bawah naungan Cabdis Pendidikan Sidimpuan  provinsi Sumatera Utara dapat meniru dan mencontoh program pola  tanam cabe SMK N 2 Psp" ujar AL Benny Hevi Damanik SP MM.


Panen cabe juga dihadiri guru-guru dan siswa-siswa SMK N 2 Psp, Mereka juga merasa ikut bergembira karena di lingkungan sekolah ada kebun cabe merah. Sehingga memberi mereka pembelajaran tentang pola tanam  cabe. 


Kunjungan Kacabdisdik juga didampingi dari Koodinator Penanaman Cabe Merah Tingkat SMA/SMK Cabdisdik Ibu N.Tambunan, S.P. 


Beliau  juga menuturkan bahwa cabe merah yang ditanam sudah bagus. Ini. Sudah bisa menjadi pilot project bagi sekolah lain, " ujar Ibu N. Tambunan S.P. 


"Ditambahkannya, " melihat perkembangan tanaman cabe  dari awal kami menilai buahnya sudah bagus karena pola tanam yang dilakukan melalui intensifikasi pertanian. 

 

Selanjutnya Rahmad Lubis S. Pd yang juga tim pelaksana cabe merah SMK N 2 P. Sidempuan mengatakan," Luas lahan tanaman cabe merah SMK N 2 Padang Sidempuan hanya sekitar 10×10 meter dengan produksi panen perdana ada 9 Kg dengan  rata-rata 3,8 ons per batangnya. 


Lebih lanjut disampaikannya,  "bahwa Pengelolaan cabe merah ini oleh keluarga besar SMK N 2 P. Sidempuan kami sangat bersyukur dengan hasil yang diperoleh saat ini, karena 3 bulan terakhir musim penghujan rentang kena penyakit" ujarnya.


Kegiatan ini sebagai upaya mencegah terjadinya krisis pangan. Apalagi beberapa bulan yang lalu harga cabe merah sangat  mahal. Cabe juga merupakan indikator tingkat inflasi daerah," ujarnya. 


"Mereka juga merasa ikut bergembira karena di lingkungan sekolah ada kebun cabe merah. Sehingga memberi mereka pembelajaran tentang cabe dan bisa diamalkan di pekarangan rumah  atau kebun masing masing, " ujarnya.(PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: