UPT Puskesmas Sitinjak Disaksikan Camat Angkola Barat Melakukan PMT Bagi Balita

/ Jumat, 03 Maret 2023 / 03.13.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-UPT Puskesmas Sitinjak disaksikan Camat Angkola Barat Muhammad Thohir Pasaribu S. Sos  melakukan Pemberian makanan tambahan (PMT) kepada BALITA di wilayah kerja puskesmas Sitinjak Rabu (1/3-2023) bertempat di wilayah puskesmas setempat. 


Demikian disampaikan Kepala Puskesmas Sitinjak Andri Bakti Sianipar MKM kepada awak media online di ruang kerjanya Kamis (2/3-2023).

"Disampaikan ," kegiatan PMT ini merupakan bagian dari pencegahan dan penanggulangan stunting di wilayah kerja UPT Puskesmas Sitinjak. Kita berharap melalui upaya ini penanggulangan dan pencegahan stunting bisa tercapai lebih maksimal lagi di Kecamatan Angkola Barat, yang tentunya di mulai dari tingkat Puskesmas berdasarkan wilayah kerja," kata Kepala UPT Puskesmas Sitinjak Andri Bakti Sianipar. 

Dia menjelaskan bahwa PMT adalah kegiatan pemberian makanan kepada balita , beserta kegiatan pendukung lainnya dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan. Serta mengandung nilai gizi yang sesuai dengan kebutuhan sasaran.

"Sasaran pemberian makanan tambahan untuk balita  ini sebagai upaya untuk mencegah terjadinya balita stunting," ucapnya.

Dia juga menjelaskan bahwa Puskesmas Sitinjak untuk melakukan PMT pemulihan bagi balita untuk memenuhi kebutuhan gizi dan juga mewujudkan visi misi Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly Pasaribu yaitu masyarakat yang sehat,  cerdas dan sejahtera, " pungkasnya. 

PMT pemulihan ini diberikan dalam bentuk makanan pabrikan seperti biskuit, susu dan vitamin, untuk pemenuhan gizi Balita sebagai aset kita untuk pemimpin masa depan ujar Kapus Sitinjak. 


Adapun makanan tambahan yang disediakan dalam bentuk biskuit yang diformulasikan khusus, serta memiliki kandungan gizi tinggi baik energi, protein, vitamin dan mineral penting.



Lebih jauh dijelaskan Andri Bakti Sianipar, "  bahwa status gizi yang kurang dapat mempengaruhi keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan balita.

Apabila balita mengalami keterlambatan pertumbuhan, maka akan berdampak terhadap menurunkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia," bebernya. 

"Makanya pemerintah terus menggalangkan dana terkait permasalahan gizi  melalui PMT biskuit balita usia 6–59 bulan. Melalui upaya ini besar harapan kami seluruh Balita di wilayah kerja UPT Puskesmas Sitinjak akan memiliki pertumbuhan yang baik di masa datang," harapnya.

Ditempat terpisah Camat Angkola Barat Muhammad Thohir Pasaribu S. Sos membuka apresiasi dan terimakasih kepada Puskesmas Sitinjak yang telah memberikan makanan tambahan kepada BALITA di Desa/Kelurahan Kec. Angkola Barat. 

Pihaknya berharap agar pemberian makanan tambahan (PMT)  secara kontinu dilaksanakan agar BALITA di Kec. Angkola Barat tidak ada yang stunting dan sehingga mereka ini adalah calon pemimpin kita di masa depan, " ujar Camat. (PS/BERMAWI)




 


Komentar Anda

Terkini: