Kadis Dalduk KB Kota Padang Sidempuan Buka Pembinaan Kesehatan Reproduksi Bagi Kelompok Resiko Tinggi Anak Tidak Sekolah

/ Kamis, 25 Mei 2023 / 18.17.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kota Padang Sidempuan Maragongna Harahap SH membuka kegiatan pembinaan Kesehatan Reproduksi Bagi Kelompok Resiko Tinggi Anak Tidak Sekolah di yang diinisiasi BKKBN Provinsi Sumatera Utara yang bertempat di

aula Dinas Dalduk KB Kota Padang Sidempuan Kamis (25/5-2023).

Hadir sebagai nara sumber dalam acara teraebut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Daerah Kota Padang Sidempuan Maragongna Harahap SH,  Pusat Kajian Perlindungan Anak (PKPA) Prov. Sumatera Utara Camelia Nasution,  dari Dinas Kesehatan Kota Padang Sidempuan Desi Samro.  

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kota Padang Sidempuan Maragongna Harahap SH sebagai nara sumber sekaligus membuka acara antara lain menyampaikan bahwa pernikahan dini dan perceraian terbesar dan tertinggi adalah mayoritas dari remaja yang melakukan pernikahan dini. Untuk itu lanjutnya, perencanaan itu harus dimulai sejak dini dan harus diberi pembekalan terkait kehidupan berumahtangga sebelum para remaja itu membangun keluarga atau menikah," ujarnya. 

"Masa remaja sangat menentukan perkembangan biologis dan psikologis seseorang. Kesehatan reproduksi menjadi dasar keadaan sehat fisik, mental dan sosial secara utuh, tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan," ungkapnya. 

Disampaikan, " kegiatan ini bertujuan agar remaja kelompok sebaya memahami pentingnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, bahaya narkoba dan seks bebas. "Sehingga remaja dapat membentengi diri terhadap permasalahan seputar kehidupan mereka. Faktor penting yang memegang peranan dalam kehidupan remaja adalah agama," ujar Kadis. 

Disampaikannya, " diharapkan kepada anak anak kami remaja agar tidak berdua duan di gubuk gubuk tertutup karena akan mengundang perbuatan yang tak terpuji seperti hamil diluar nikah, sehingga akibatnya membuat malu keluarga dan akibatnya terjadi aborsi, " ucapnya.

Mulai sekarang bila tidak ada kegiatan anak anakku sekalian para remaja, agar mengikuti pelatihan menjahit,  Tata Rias bagi Perempuan dan Pelatihan bengkel sepeda motor bagi Laki laki di BLK Kota Padang Sidempuan di Kelurahan Hutaimbaru, " ucapnya. 

Jika ananda sekalian terhindar dari kenakalan remaja dan mempunyai keterampilan atau skill sehingga ini salah satu mewujudkan visi misi Wali Kota Padang Sidempuan Bapak Irsan Efendi Nasution SH MM yaitu Sidimpuan bersinar, " ucapnya. 

 Lebih lanjut disampaikannya, " kegiatan ini dikhususkan bagi kelompok remaja yang putus Sekolah bertema Mewujudkan Generasi Muda Kota Padang Sidempuan Berprilaku Hidup Sehat dan Berakhlak Mulia Tanpa Narkoba mewujudkan Masyarakat Kota Padang Sidempuan yang Bersinar, "ujar Kadis. 
 
Sebelumnya Bapak Mulyanto dari BKKBN Prov. Sumatera Utara juga memberikan pemaparan tentang Kesehatan Reproduksi Bagi Kelompok Resiko Tinggi Anak Tidak Sekolah.

Disampaikannya," Pembinaan Kesehatan Reproduksi Bagi Kelompok Resiko Tinggi Anak Tidak Sekolah tidak hanya dilaksanakan di Kota Padang Sidempuan, tapi juga di Kabupaten Tapanuli Selatan dan daerah lainnya dalam mewujdkan visi misi Gubernur Sumatera Utara Yaitu Sumut yang bermartabat, "ujarnya. 

Salah satu peserta M. Harahap menyampaikan ucapan terima kasih atas pemaparan dari nara sumber tentang Pembinaan Kesehatan Reproduksi Bagi Kelompok Resiko Tinggi Anak Tidak Sekolah.

Ilmu yang kami peroleh dari kegiatan ini akan kami sampaikan kepada teman kami yang tidak hadir di acara ini, " ujarnya. (PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: