Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) MGMP PAI SMA Se Tapsel Di SMAN 1 Angkola Barat Berjalan Lancar

/ Rabu, 22 November 2023 / 20.52.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Pelaksanaan  Implementasi Kurikulum Merdeka Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam SMA (PAI ) tingkat SMA Se Tapsel  yang menghadirkan nara sumber Kepala Sekolah penggerak Salamat Siregar S.Pd M.Si  berjalan Lancar yang bertempat di aula SMA Negeri 1 Angkola Barat Selasa ( 22/11/2023).


Adapun Peserta yang hadir  dalam kegiatan tersebut sebanyak 14 orang dari 23 orang. Ada yang berhalangan guru honor karena  lagi mengikuti Test PPPK di Medan," ucap Ketua MGMP Akhirul Pane MA.


Kasek SMA Negeri 1 Angkola Barat Salamat Siregar S.Pd M.Si membuka acara   sekaligus memberi materi IKM antara lain menyampaikan,"  MGMP harus diberdayakan secara maksimal, diskusikan langkah langkah yang ditempuh dalam meningkatkan profesional guru.



Salamat Siregar S.Pd M.Si juga berharap kegiatan ini terus dilaksanakan secara berkala demi meningkatkan potensi dan profesionalisme guru agar tidak ketinggalan dengan perkembangan dunia pendidikan. “Saya berharap agar guru PAI terus meng-update kompetensinya terutama di era serba digital ini, manfaatkanlah tekhnologi sebagai pendukung proses belajar mengajar sehingga segala bentuk perkembangan dunia pendidikan dapat diakses dengan cepat,” harapnya



Kepala Sekolah Penggerak ini juga berharap agar Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat membuat satu kesepakatan apa yang akan diajarkan. Pertemuan tiga bulan berikutnya di SMA Negeri 2 Plus Sipirok sekaligus penyambutan Bulan suci Ramadhan," harapnya.



Selanjutnya Ketua MGMP  Pendidikan Agama Islam (PAI) H. Akhirul Pane, MA berharap agar setiap pertemuan diikuti, juga bermohon kepada Kepala Sekolah agar memberi izin dan memfasilitasi Guru PAI yang akan mengikutinya.


Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam SMA (PAI) Kabupaten Tapanuli Selatan Ustazd H. Akhirul Pane MA menyampaikan bahwa banyak hal yang harus dilakukan dan dipelajari untuk meningkatkan kompetensi dan mengimplementasikan kepada siswa sehingga kurikulum merdeka bisa dijalankan dengan baik.


“Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada hari ini dirasa sangat urgen untuk dipahami dan dipelajari. Karena IKM merupakan format kekinian dengan corak model yang telah disesuaikan dengan kondisi zaman,” ujar Guru Agama Islqm SMAN 1 Sipirok.


Lebih lanjut, Akhirul Pane MA menjelaskan bahwa capaian pembelajaran adalah kompetensi dasar yang diharapkan dapat dipahami dan diketahui dalam proses pembelajaran


“Harapannya dengan adanya kegiatan ini supaya teman-teman dapat mempersiapkan diri dan mempunyai bekal untuk siap menjalani tugas dan kewajibannya dalam pembelajaran di sekolah” ujar H. Akhirul Pane.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris MGMP Mhd Ali Guru PAI SMA Negeri 1 Angkola Selatan menyampaikan bahwa SK kepengurusan dari Kantor Kemenag Tapsel dalam waktu dekat akan keluar, dalam kegiatan MGMP ini kita punya Serikat Tolong menolong tidak hanya peningkatan kompetensi pedagogik namun kompetensi sosial juga ditingkatkan, maka dalam kesempatan ini kita menyerahkan dana sosial untuk tiga orang guru PAI yang mengalami musibah berpulangnya suami, orang tua dan mertua.(PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: