Festival Seni Dan Budaya Di Perayaan Tahun Baru Batak

/ Jumat, 24 Maret 2023 / 10.41.00 WIB
Bupati Samosir Vandiko Gultom menyampaikan Sambutan
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Artia Sipaha Sada pada hari Batak, menjadi Tahun Baru Batak. Untuk tahun 2023 ini Tahun Baru Batak jatuh pada tanggal 20 sampai tanggal 22 maret dan dirayakan dilapangan Sabas, Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. 

Pada acara itu diselenggarakan Festival Seni dan Budaya, perlombaan Martumba, Fashion Show, Tortor Tradisi, Tortor Kreasi, Pamitta Gondang dan Mangandung. Juga Festival Olahraga Rakyat yakni Mardoton, Lomba Solu Parsada-sadaan, Marlange, Marhonong, Marikkat dan Marsatur.

Dipuncak acara, pukul 18.00 wib, sebagai pergantian hari sesuai hari Batak, dilakukan pemasangan meriam bambu dan membunyikan sirine serta klakson secara bersahut-sahutan pertanda tahun Baru Batak.
 
Perayaan itu dihadiri Bupati Samosir Vandiko Gultom, Pangdam I/BB yang diwakili oleh Kapok Staf Ahli Brigjend TNI. David Hutagaol, Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga dan Nasib Simbolon, Prodi Sastra Batak USU Jekmen Sinulingga, Direktur Opera Batak (Plot) Thomson AS. Hutasoit, Ketua Pusat Studi Sejarah, Budaya dan Kearifan Lokal UISU Dr. Dahlena Sari Marbun, Ketua Yayasan Martondi Heritage Indonesia Tondi Rangkuti, Cicit Raja Sisingamangaraja XII Sutan Oloan Sinambela, dan beberapa tokoh perwakilan dari 6 puak Batak. 
 
Ketua Panitia perayaan Tahun Baru Batak, Harry Bos Sidabutar dalam laporannya menyampaikan bahwa perayaan itu merupakan tahun kedua perayaan Artia Sipaha Sada dan akan terus dirayakan setiap tahun untuk mengangkat kembali warisan budaya Batak.

"Setiap perayaan Artia Sipaha Sada, kita memiliki ciri khas tersendiri yakni menikmati makanan khas Batak, trrmasuk Nahinopingan dan Itak Gurgur", ujarnya.

Dikatakannya, Perayaan Tahun Baru Batak  digagas beberapa tahun lalu bersama para tokoh dan pegiat budaya.

Bupati Samosir Vandiko Gultom, didampingi para kepala OPD dan Camat setempat pada sambutannya menyampaikan selamat Tahun Baru Batak Artia Sipaha Sada 2023 kepada seluruh Suku Batak dimanapun berada. 

"Perayaan ini merupakan salah satu kegiatan mengangkat warisan budaya, kearifan lokal, adat istiadat yang telah berakar yang diwariskan oleh leluhur. Perayaan ini juga bisa berlangsung karena masih ada pemerhati, pecinta dan pelaku budaya yang berani mengangkat kembali kearifan lokal". Ujarnya

Harapkan Bupati, Perayaan itu juga sekaligus dapat menjadi sarana silaturahmi seluruh suku Batak, menumbuhkan rasa cinta akan budaya bagi generasi muda, mengembangkan pariwisata dan berkontribusi positif pada perekonomian masyarakat lokal.

Pangdam I/BB, melalui Kapok Staf Ahli Brigjend TNI. David Hutagaol memberikan apresiasi atas perayaan Tahun Baru Batak itu. 

"Ini merupakan tonggak sejarah dan suatu proses yang sangat baik. Secara pribadi saya merasa bangga dan suatu kehormatan bisa ikut bersama sama merayakan Artia Sipaha Sada saat ini". Jelasnya. (PS/PARDIMAN)
Komentar Anda

Terkini: