Ramadhan Penuh Berkah, Pemdes Huraba Kec. Marancar Salurkan BLT DD Triwulan I Tahun 2023.

/ Senin, 03 April 2023 / 14.53.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MARANCAR-Pemerintah Desa Huraba Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan , Kamis (03/4/2023) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap I tahun 2023.


Dimana jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT-DD di desa tersebut disepakati sebanyak 20 KPM. Jumlah KPM tersebut sesuai dengan kesepakatan dalam musyawarah penjaringan bersama BPD dan tokoh masyarakat beberapa waktu lalu.


Pemerintah Desa (Pemdes) Huraba berharap masing-masing KPM bisa menggunakan dana BLT-DD untuk memenuhi kebutuhan Selama Ramdhan ini.


Kepala Desa (Kades) Huraba, Abdul Majid Siregar mengatakan, jumlah KPM tahun ini jauh berkurang dari tahun 2022 lalu. 



Dimana jumlah pengurangan KPM BLT-DD ini bukan kehendak Pemdes sendiri, namun sesuai dengan petunjuk dan regulasi yang sudah ditetapkan pemerintah pusat. Kriteria penerima BLT-DD tahun 2023 ini adalah keluarga yang kategori kemiskinan ekstrim. Sementara kriteria penerima BLT-DD tahun 2022 lalu adalah untuk keluarga yang terdampak Covid-19.


Dijelaskannya, selain dari regulasi kriteria besaran anggaran untuk BLT-DD tahun ini juga berkurang dari tahun sebelumnya. Tahun ini jumlah maksimal dana untuk BLT-DD sebesar 25 persen dan minimal 10 persen. Jadi, pengurangan penerima BLT-DD ini bukan hanya karena kriteria saja. Tetapi juga karena besaran anggarannya juga berkurang.

"Ada dua faktor pemangkasan penerima BLT-DD ini. Yaitu, kriteria dan besaran dana yang dialokasikan. Jadi pengurangan ini bukan kemauan desa tetapi ditentukan oleh aturan dan regulasi yang sudah ditetapkan," bebernya.




Ditambahkannya, keluarga yang ditetapkan sebagai penerima BLT-DD tahun 2023 ini benar-benar diseleksi sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Karena kategori penerima BLT-DD tahun ini bukan untuk Covid-19. Tetapi untuk keluarga yang miskin ekstrim.


"Penetapan jumlah KPM BLT-DD ini sudah melalui musyawarah bersama BPD dan tokoh masyarakat. Sesuai dengan hasil penjaringan yang sudah dilakukan 20 warga itu dinyatakan layak sebagai penerima BLT-DD tersebut," tutupnya.

Turut hadir dalam acara pembagian BLT DD Kepala Desa Huraba, pendamping desa,  Pendamping Lokal Desa,  Aparat Desa, BPD,  Tokoh masyarakat  dan masyarakat penerima BLT DD. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: