Tausyiah Ramadhan Bermartabat Fest 2023, Puasa Mengajarkan Hidup Hemat

/ Minggu, 16 April 2023 / 01.45.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-
MEDAN-Kegiatan yang diinisiasi Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) dan Dinas Koperasi dan UKM Pemrov Sumut, diharapkan bisa mendongkrak perekonomian UMKM yang ada di Sumut serta sebagai tempat berbuka puasa bersama dengan diiringi nuansa musik islami juga tausyiah.

Sebelum tausyiah, Ramadhan Bermartabat Fest 2023 mendapat kunjungan Gubsu Edy Rahmayadi di halaman perluasan kantor Gubernur eks Medan Club, Sabtu (15/04/2023). 

Walau tidak lama karena adanya agenda lain, namun Gubsu Edy Rahmayadi menyempatkan diri untuk melihat dan berbicara kepada para pelaku UMKM.


Kali ini yang mengisi tausyiah adalah Ustad Zulkarnain Nasution. Dalam ceramahnya, Ustad Zulkarnain menekankan pentingnya untuk hidup hemat dan untuk saling berbagi.

Selama bulan suci Ramadhan, tidak sedikit masyarakat yang pengeluarannya justru membengkak dibandingkan dengan bulan-bulan lain.

Padahal, selama berpuasa seharusnya seseorang bisa lebih menahan diri dan berhemat karena makan dan minum hanya dilakukan 2 kali dalam sehari yaitu pada saat sahur dan berbuka.

Namun nyatanya, keinginan menahan hawa nafsu ini bisa membuat keinginan semakin bertambah. Jangankan untuk bisa berhemat, pengeluaran justru kian bartambah. Belum lagi keinginan berbelanja berbagai macam kebutuhan karena berpikir akan ada pemasukan tambahan dari Tunjangan Hari Raya jelang lebaran.

"Seharusnya dalam bulan Ramadhan ini, segalanya bisa menjadi hemat terutama bagi ibu-ibu yang menjadi bendahara didalam rumah tangga", ucap Ustad Zulkarnain.


Puasa pada bulan Ramadhan dapat mengajarkan kerukunan dan kepedulian sesama dengan berlomba-lomba untuk saling berbagi dan bersedekah. Dan hikmahnya adalah kesabaran, lanjutnya.

Selain Kepala BKAD Ismail Parenus Sinaga, acara buka bersama juga dihadiri Setdaprov Sumut Ramadhani Lubis. (PS/RN).


Komentar Anda

Terkini: