Jalin Mitra Dengan Anggota DPR-RI Djarot Saiful Hidayat, BKIPM Medan I Serahkan 800 Paket Ikan Sehat di Simalungun

/ Sabtu, 06 Mei 2023 / 17.10.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-SIMALUNGUN-Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Medan I menyalurkan 800 paket ikan sehat bermutu di wilayah Kabupaten Simalungun.

Penyaluran ratusan paket ikan itu dalam rangka kegiatan Bulan Mutu Karantina (BMK) tahun 2023 yang berlangsung di Lapangan Umum terbuka hijau Saribudolog Kec. Silimahuta Kab. Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (5/5/2023).

Dalam kesempatan ini hadir Anggota DPR RI Komisi IV Djarot Saiful Hidayat, Kepala Pusat Standardisasi Sistem dan Kepatuhan (SSK) BKIPM, Woro Nur Endang S, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Robert Pangaribuan, Wakil Ketua DPRD Kab. Simalungun Steven Samrin Girsang, Kepala SKIPM Medan II, Sondang Sitorus Kepala SKIPM Tanjung Balai Asahan, Ardinan Pribadi dan Camat Silimakuta serta perwakilan masyarakat penerima paket.

Dalam sambutannya, Kepala Balai KIPM Medan I Nandang Koswara menyampaikan, kegiatan ini merupakan program kerjasama antara BKIPM KKP dan Anggota DPR RI Komisi IV diantaranya adalah pelaksanaan distribusi 800 paket ikan sehat bermutu kepada sebagian masyarakat khususnya di Kabupaten Simalungun. 

Selanjutnya Kepala Balai KIPM Medan I mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih ats dukungan dan kordinasi yang baik antara Tenaga Ahli/Tim Teknis dan juga Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabpaten Simalungun.

Kepala Pusat Standardisasi Sistem dan Kepatuhan (SSK) BKIPM, Woro Nur Endang mengatakan, pentingnya masyarakat mengkonsumsi ikan untuk tumbuh kembang daya anak. Ikan kaya akan protein dan omega-3 yang baik untuk anak-anak.

Kepala Dinas Ketahanan dan Perikanan menyampaikan ucapan teirma kasih kepada BKIPM KKP dan Komisi IV DPR RI ats penyelenggaran BMK di Kab Simalungun sehingga melalui penyaluran ikan sehat bermutu dapat menekan angka stunting.

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi IV,  Djarot Saiful Hidayat mengatakan, selain potensi pertanian Kabupaten Simalungun juga memiliki potensi wilayah perairan yang sangat baik khususnya dlm meningkatkan produksi ikan melalui kegiatan perikanan budidaya dimana masyarakat lebih sering makan ikan sehingga masyarakat juga nantinya lebih sehat, kuat, cerdas dan sejahtera.

Wakil Ketua DPRD Simalungun Steven Samrin Girsang menyampaikan apresiasi terhadap kolaborasi yang baik ini sekaligus ucapan terima kasih sehingga masyarakat khususnya di Kab Simalungun mendapat perhatian berupa penyaluran paket ikan sehat bermutu diharapkan kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Rangkaian agenda BMK tahun 2023 diantaranya yaitu  layanan edukasi dan sosialisasi sistem karantina dalam menjamin kesehatan, keamanan hayati, dan keamanan pangan hasil perikanan yang diikuti dengan penyediaan, pembagian dan penyerahan ikan konsumsi kepada sasaran masyarakat penerima manfaat di lokasi yang ditetapkan yaitu di Kabupaten Simalungun

Adapun Bulan Mutu Karantina (BMK) Tahun 2023 ini merupakan BMK yang ke-8 (delapan) dan sudah dicanangkan/dilaunching pada tanggal 19 Maret 2023 oleh Menteri Kelautan dan Perikanan di Semarang dengan Tema “Peran BKIPM dalam Penjaminan Ikan Sehat, Bermutu dan Bebas Mikroplastik.

Diharapkan melalui kegiatan Bulan Mutu Karantina ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap isu kesehatan ikan, keamanan hayati ikan, serta mutu dan keamanan hasil perikanan serta dapat mendorong meningkatkatnya konsumsi masyarakat terhadap Ikan sehat bermutu Disamping itu, kegiatan Bulan Mutu Karantina diharapkan dapat berperan untuk peningkatan kinerja BKIPM yang lebih baik lagi dalam pelayanan kepada masyarakat sehingga hasil perikanan Indonesia semakin terjamin mutu dan kesehatannya, mempunyai daya saing yang tinggi, serta tetap terjaga kelestariannya. (PS/REL)

Komentar Anda

Terkini: