Ombudsman Sumut Sidak Bandara Kualanamu, Banyak Faktor Dugaan Kelalaian

/ Kamis, 04 Mei 2023 / 06.15.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-Medan- Kepala Ombudsman Sumatera Utara Abyadi Siregar, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke bandara internasional Kualanamu pada hari Senin (1/5/2023) siang. Sidak yang dilakukan terkait tewasnya seorang wanita karena terjatuh dari lift bandara bernama Aisiah Sinta Dewi (43).

Dalam sidaknya, Abyadi menyoroti peran petugas cctv yang tidak maksimal dalam melakukan pencarian titik jatuhnya korban.

"Sebagai bandara pelayanan publik, seharusnya hal ini tidak boleh terjadi dan wajib memberikan sarana prasarana yang aman dan menjaga keselamatan semua penggunanya,” ujarnya.

Abyadi juga mendapat informasi  bahwa lift bandara sering rusak, tetapi kurang mendapat perhatian. 

“Saya dapat informasi bahwa lift ini sering rusak, macet. Harusnya ada perhitungan kapan harus diperbaiki, perawatan sampai kapan bagus,” ungkapnya.

Melihat ada potensi pelanggaran hukum dalam kasus tersebut. Ombudsman Sumut akan berkoordinasi dengan kepolisian dalam penanganan kasus itu.

“kita ragu, ada banyak faktor dugaan kelalaian Kualanamu ini menjadi perusahaan berkelas internasional dan perusahaan besar, pengelolaannya bekerja sama dengan India yang pernah mengurus bandara di Prancis,kok, jadi produk kayak abal-abalan?” katanya. 

Terpisah, Head of Corporate Communication PT Angkasa Pura Aviasi Dedi Al Subur mengatakan, masih mendalami dugaan kelalaian yang dimaksud.

“Kami secara internal saat ini juga sedang lakukan investigasi terhadap prosedur dan mekanisme yang dilakukan serta mendukung kepolisian untuk membuat terang kejadian ini", katanya. (PS/RN)

Komentar Anda

Terkini: