Romy Mariani : Aplikasi Sidasa Mobile Representasikan Keadaan Ril Masyarakat

/ Rabu, 17 Mei 2023 / 11.03.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – DAIRI  – Aplikasi Sistem Informasi Dasawisma (Sidasa) Mobile Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi resmi diimplementasikan oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu di Kecamatan Lae Parira.

Kelompok dasawisma adalah kelompok yang terdiri dari 10 keluarga yang menjadi binaan PKK. Setiap kelompok memiliki satu penanggung jawab untuk memantau kondisi rumah tangga anggotanya, misalnya dalam hal perbaikan gizi dan keluarga berencana.

Kegiatan ini berlangsung di halaman kantor Camat Lae Parira, Desa Kentara, Kecamatan Lae Parira, Senin (15/5/2023).

Implementasi Sidasa Mobile turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu.

Dalam sambutannya, Romy Mariani menyampaikan aplikasi Sidasa Mobile merupakan program yang sangat strategis karena dengan data yang ada akan bermanfaat untuk peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

“Dengan aplikasi tersebut, kita dapat mengetahui keadaan riil tentang warga. Contohnya data kesehatan anggota keluarga, data pendidikan di setiap keluarga, data keadaan ekonomi, dan lain-lain. Semuanya ada di sana,” ujar Romy.

Lebih lanjut, Romy menceritakan salah satu insiden yang terjadi di Desa Kabanjulu tentang seorang warga yang konon diduga terkena penyakit kaki gajah yang merupakan penyakit menular.

Dikarenakan kurangnya pemahaman di masyarakat dan kondisi yang ditutup-tutupi, warga tersebut menjadi diasingkan.

“Singkat cerita, warga tersebut akhirnya dirujuk ke salah satu rumah sakit di Medan. Setelah diperiksa, ternyata pasien tersebut menderita tumor lymphangioma. Kalau aplikasi Sidasa sudah berjalan, kondisi itu tidak akan terjadi. Pengobatan akan bisa lebih cepat dilakukan. Karena kita tau kondisi masing-masing kesehatan rumah tangga,” kata Romy.

Aplikasi Sidasa, kata Romy, sudah dikembangkan tahun lalu dan diharapkan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

“Bapak kepala desa tidak mungkin mampu menghapal keadaan masyarakat di desa, maka dengan aplikasi ini dan pemanfaatan peran PKK kecamatan dan desa, diharapkan dapat lebih efektif dan diaplikasikan manfaat di lapangan,” ujar Romy.

Tidak lupa, Romy juga menyampaikan apresiasi kepada Kecamatan Lae Parira yang telah menjadi pioner dalam pelaksanaan Sidasa mobile. (PS/K.TUMANGGER).

 

Komentar Anda

Terkini: