Gelar Lomba Menu Serba Ikan, Dinas Peikanan Kab. Kampar Sosialisasikan Gemarikan Untuk Peningkatan Kesehatan dan Kecerdasan Masyarakat.

/ Jumat, 25 Agustus 2023 / 09.58.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA. COM -BANGKINANG  KOTA - Berbagai cara dan metoda serta sosialisasi dilakukan oleh Pemerintah dalam meningkatkan kesehatan dan kecerdasan masyarakat terutama pada anak. Dengan demikian Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas Perikanan Kabupaten Kampar melalui kegiatan pangan ikannya ikut serta mendukung program Pemerintah dalam menyehatkan masyarakat tersebut melalui pola sosialisasi. Pola sosialisasi kali ini dilaksanakan dengan cara menaja Lomba Menu serba ikan dengan tujuan mengedukasi makan ikan kepada masyarakat dalam meningkatkan kecerdasan anak dan mencegah Stunting yang sekaligus dalam rangka menggiatkan sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kabupaten Kampar, Kamis (24/8).

Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Kampar yang juga sekaligus merupakan Ketua Forum Ikan    (Forikan) Kabupaten Kampar didampingi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kampar Zulfahmi, S.Pi, M.Si membuka secara resmi kegiatan Lomba Menu serba ikan ini dengan mengangkat tema " Masakan Ikan Untuk Mengatasi Stunting, Menyehatkan dan Mencerdaskan". Tampak juga hadir dalam kegiatan ini Fauzul selaku perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, Perwakilan dari OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar dan Pengurus TP PKK Kabupaten Kampar khususnya Pokja III.

" Saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kampar, karena merupakan salah satu cara sosialisasi dengan menggunakan kreasi oleh ibu-ibu selaku ujung tombak kesehatan pada keluarga. Makan ikan dapat menunjang untuk pola gizi yang seimbang baik bagi keluarga apalagi untuk kebutuhan gizi anak. Dan kepada tim penilai saya berharap agar memberikan penilaian secara objektif dan sesuai dengan syarat ketentuan agar mendapatkan hasil yang maksimal bagi peserta" demikian dikatakan Yusi dalam sambutannya. 

Dikatakan Yusi berdasarkan data yang didapat bahwa di Provinsi Riau pada Tahun 2022 masyarakat mengkonsumsi ikan baru sekitar 46,5 Kg perkapita pertahunnya, sedangkan Kabupaten Kampar sendiri baru berada pada angka 42 Kg perkapita pertahunnya masih jauh dari target nasional sebesar 52 Kg perkapita pertahun.

Disisi lain Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kampar mengatakan bahwa kegiatan Lomba Menu serba ikan ini juga memiliki beberapa tujuan yang sangat penting dalam mendukung program Pemerintah dalam menyehatkan masyarakat yaitu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah ikan, memperkenalkan aneka ragam menu berbahan dasar ikan dan tak kalah pentingnya adalah merupakan salah satu cara menyebarluaskan kandungan yang ada pada ikan dan fungsinya dalam perkembangan kesehatan dam kecerdasan masyarakat terutama pada anak.

Seperti yang dilaporkan kegiatan lomba ini diikuti oleh 21 Kecamatan, dengan 3 (tiga ) kategori perlombaan yakni Menu Ikan Untuk Keluarga, Menu Ikan Untuk Balita dan Menu Ikan untuk Kudapan. Pada lomba ini Dinas Perikanan Kabupaten Kampar langsung menurunkan tim penilai dari Provinsi Riau yakni ahli gizi Dedi Rochyadi dan Chef Marwan. Dan setelah kegiatan ini dibuka dan langsung dinilai oleh tim juri, Ketua Forikan Kabupaten Kampar berkenan mencicipi menu-menu yang telah disajikan oleh para peserta sebagai bahan penilaian pada lomba.

Setelah melakukan penilaian kepada seluruh peserta, tim juri atau tim penilai lanjut memberikan pengumuman atas hasil lomba yang telah dilaksanakan. Untuk kategori Menu Keluarga Kecamatan Tambang menempati nilai tertinggi dan berhak menyandang Juara I, disusul oleh Kecamatan Tapung diposisi ke II dan Kecamatan Kampa diposisi ke III. Untuk kategori Menu Balita kembali Kecamatan Tambang rebut tempat pertama, Kecamatan Tapung di tempat kedua dan Kecamatan Bangkinang Kota di tempat ketiga, sedangkan untuk kategori menu Kudapan Kecamatan Tambang masih memegang posisi I, Kecamatan Tapung diposisi II dan posisi III diraih oleh Kecamatan Bangkinang Kota. Dengan demikian Kecamatan Tambang pada Lomba Menu Serba Ikan Tahun 2023 ini berhak menjadi juara umum dan dinobatkan sebagai perwakilan Kabupaten Kampar ke Tingkat Provinsi Riau.

Setelah para pemenang diumumkan,diakhir acara Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Kampar/Ketua Forkin Kabupaten Kampar berkenan serahkan tropi, bingkisan dan uang pembinaan kepada seluruh pemenang lomba yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (PS/NURMAN) 

Komentar Anda

Terkini: