Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Bupati Karo Siap Dikritik

/ Minggu, 29 September 2019 / 00.01.00 WIB
Suasana Rakorpem. POSKOTA/BUDIMAN S

POSKOTASUMATERA.COM - KARO -Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi, Plt Kadis PUPR Paksa Tarigan ST, Camat Merek Tommy Heriko Sidabutar hadiri acara Rapat Koordinasi pemerintahan (Rakorpem), Se - Kecamatan Merek Kabupaten Karo, Jumat (27/9/2019)  di Cafe Kampung Kita Merek.

Sebelum dimulai Rakorpem oleh Camat Merek Tommy Heriko Sidabutar menjelaskan dihadapan Bupati Karo, bahwa Rapat tersebut bertujuan untuk meningkatkan Pelayaanan kepada masyarakat di Desa.

Tommy menegaskan, Rakorpem ini bagian dari salah satu yang di gelar cara untuk mewujudkan Program Pemerintahan Daerah yang sesuai dengan Visi Misi Bupati Karo. Sehingga, keselarasaan sesama Instansi dapat mewujudkan salah satunya di Kecamatan Merek ini bekerjasama mengaplikasikan Program, Relijius, Sehat, Cerdas dan Mandiri.

Disamping itu, Dirinya juga meminta agar setiap Desa terus meningkatkan Pelayanan kepada masyarakat. Di mana Kepala Desa menjadi ujung tombak dan bersentuhan Iangsung dengan masyarakat yang selanjutnya juga sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintahan dilapangan.

Di kesempatan yang sama, Bupati karo Terkelin Brahmana menyatakan, sangat mendukung kegiatan Rakorpem tersebut, sebab hal itu merupakan salah satu ciri menunjukkan ada kemauan dan kebersamaan sesama Perangkat Daerah dan Kepala Desa.

Menurut Bupati, dengan seringnya silaturahmi, maka ada pertemuan. Dan adanya pertemuan, maka ada persatuan. Dan dengan adanya persatuan, maka ada kesatuan. Ada kesatuan, maka ada kekuatan. Filosofi ini sudah jarang masyarakat menerapkannya. Hal ini kembali dirinya mengingatkan, supaya pertemuan seperti ini sangat baik dan positif.

"Apalagi yang hadir para Kepala Desa, merupakan sosok Pemimpin di Desanya, menjadi seorang Pemimpin harus ada kreatif dan inovasi, jangan selama menjabat Kita tidak pernah berbuat kepada masyarakat, dalam arti bekas yang baik itu tidak ada jejak mau diingat masyarakat", yerang Terkelin.

Lebih spesifik lagi, kata Terkelin, bahwa Kecamatan Merek merupakan  salah satu kawasan yang dekat dengan KSPN Danau Toba, ini harus Kades tahu semua. Hal ini Pemerintah Pusat terus berbenah melakukan Pembangunan sesuai Program KSPN tadi. 

"Disini Kita dituntut bekerja dengan tulus dan ikhlas", sebutnya.

Menurutnya, kaitan dengan kinerja seorang Pemimpin harus siap dibuly, dikritik, dicacamaki, diadukan. Ini tantangan, seorang Pemimpin, jika tidak siap, maka jangan mau jadi Pemimpin.

"Namun demikian, sosialisasikan kepada masyarakat, hal yang baik sebagai faktor pendukung untuk memajukan suatu Daerah, ubah pola pikir dan karakter penyakit masyarakat, harus dibuang sifat merasa takut mengalami kesulitan, orang ingin mudah tanpa ada usaha, tidak bertanggung jawab, ingin serba instan atau cepat, budaya iri dengki dan budaya meminta", urainya.

Selesai acara, Bupati Karo Terkelin Brahmana memberikan arahan, diberikan kesempatan para Kades untuk sesi tanya jawab dan keluhan serta kendala di masing - masing setiap Desa, saat  Rakorpem berlangsung dan dijawab oleh Dinas terkait. (PS/BUDIMAN S)
Komentar Anda

Terkini: