AKBP Ikhwan Lubis dan Zahir Bersama Komunitas Sedekah Jumat Bantu Korban Banjir di Sei Balai

/ Senin, 14 Desember 2020 / 04.28.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA.COM-BATUBARA-Komunitas Sedekah Jumat  (KSJ) bersama Kapolres AKBP Ikhwan Lubis SH MH dan Bupati Batubara Ir Zahir Map menggekar kegiatan Jumat Barokah dengan mengunjungi dan membantu korban banjir di Desa Kuala Sikasim dan Desa Mekar Kecamatan Sei Balai, Jumat (11/12/2020). 

Para korban bencana terdampak banjir yang melanda sebagian daerah yang ada di Batubara membuat Bupati  dan Kapolres Batubara mengisyaratkan warga agar siaga bencana banjir . 

Sebagaimana dilansir, Badan Metrologi Klimatogi dan Geofisika (BMKG) Sumut  dalam kurun waktu Desember 2020 sampai dengan Februari 2021 sebagian besar wilayah Sumatera Utara akan berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang, termasuk wilayah Batubara. 

BMKG menghimbau kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk siaga dan waspada darurat Banjir dan angin kencang. 

Kabupaten Batubara saat ini berada di posisi Garis Pesisir Pantai Timur  yang otomatis berada di hilir dalam aliran sungai sungai dari hulu menuju ke laut yang akan mengalami dampak cuaca ekstrim di ujung tahun 2020 ini.  

Dalam kunjungan Jum at  Barokah bersama pengurus KSJ ini,  Bupati dan Kapolres Batubara  memberikan bantuan kepada korban banjir yang terjadi dalam 2 hari ini berdampak terendam beberapa kecamatan di Batubara. 

“Banjir yang merendam Kabupaten Batubara  ini adalah air kiriman yang mengalir  dari wilayah perbatasan Batubara seperti  Simalungun dan Siantar. Dua wilayah itu adalah wilayah atas yang  aliran sungainya mengalir melintasi Kabupaten Batubara,” kata Bupati Batubara Iir Zahir MAP.

Ditambah lagi, lanjutnya,  air pasang laut saat ini sangat tinggi hingga membuat arus sungai melambat hingga warga kecamatan Sei Balai menjadi korban banjir kiriman dari sungai yang melimpah di karenakan tanggul yang rendah.

“Saat ini Pemkab Batubara masih memohonkan kepada pemerintah pusat dan provinsi untuk pembangunan tanggul di sepanjang aliran sungai sungai yang berpotensi akan luapan hingga menyebabkan banjir,” kata Zahir.

Sementara Kapolres Batubara  AKBP Ikhwan Lubis SH MH yang juga Ketua dewan Pendiri KSJ bersama Ketua KSJ Kabupaten Batubara Rijal Sahreza SE mengungkapkan keprihatinannya atas bencana banjir yang menimpa masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Sei Balai.

“Kami berharap agar semua korban banjir diberikan ketabahan dari Allah SWT dalam menghadapi musibah ini,” kata AKBP Ikhwan Lubis.  

Dijelaskannya, Polres Batubara akan selalu memantau terus dan akan mensiagakan personil kepolisian di pos pengungsian yang ada di sini. “Kita akan terus lakukan bantuan kepada korban banjir ditenda pengungsian untuk mengisi dapur umum selama para pengungsi  berada di pos pengungsian,” terangnya. 

Dia juga mengaku Pengurus KSJ juga telah menyampaikan kesiapannya menjadi relawan untuk membantu korban banjir  dan mengevaluasi korban apabila ada banjir susulan. (PS/SYAMSUL/SAUFI)

Komentar Anda

Terkini: