Cuti Berakhir 5 Desember 2020, Akhyar Nasution Ngantor Lagi di Balaikota Medan

/ Jumat, 04 Desember 2020 / 02.55.00 WIB

 Ir H Akhyar Nasution MSi menyampaikan konfrensi pers di Kantor Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Medan saat menjabat Plt Walikota Medan sebelum cuti dalam proses pilkada Medan beberapa waktu lalu.
 

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Usai menjalani cuti sejak 25 September 2020 hingga 5 Desember 2020, Ir H Akhyar Nasution MSi akan menjalani kembali aktivitasnya di Balaikota Medan menjadi Plt Walikota Medan kembali. 

Saat cuti, roda pemerintahan Kota Medan dijalankan Ir Arif Sudarto Trinugroho MT yang ditunjuk Gubsu Edy Rahmayadi menjadi Pjs Walikota Medan di masa Akhyar Nasution cuti mengikuti prosesi pencalonan Walikota Medan 2021-2024 yang akan digelar 9 Desember 2020 ini. 

Elemen masyarakat mengharapkan Plt Walikota Medan dapat menertibkan banyaknya oknum-oknum Aparatur Sipil Negara dan para Kepala Lingkungan yang diduga tak netral dalam proses tahapan Pilkada Medan ini. 

Selain itu, Akhyar Nasution diharapkan konsentrasi dalam menjalankan amanat Plt Walikota Medan menghabiskan masa jabatan nya saat terpilih bersama Dzulmi Eldin yang saat ini menjalani proses hukum atas satu masalah pidana yang menjeratnya.

Berbagai laporan yang dihimpun poskotasumatera.com dari berbagai sumber, suksesi Pilkada Kota Medan yang kontestannya adalah Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berpasangan dengan Ustad H Salman Alfarisi LC MA dengan nomor urut 1 dan Bobby Afif Nasution yang merupakan menantu Presiden Joko Widodo berpasangan dengan H Aulia Rahman SE  dengan nomor urut 2 banyak diterima laporan money politik, pembagian sembako dan isu tak netralnya ASN dan para Kepling. 

Masalah money poltik dan ketidak netralan Kepala Lingkungan bahkan kini telah dilaporkan dan ditangani Bawaslu Medan, namun belum diperoleh keterangan ada tidaknya tindakan dari Badan Pengawas Kota Pemko Medan atas netralitas dalam pilkada yang diduga dilakukan pimpinan di lingkungan yang menerima gaji dari APBD Kota Medan ini.

Majunya Ir H Akhyar Nasution MSi yang merupakan politisi PDIP yang kini menjadi kader Partai Demokrat yang berhadapan dengan Bobby Afif Nasution yang juga suami Kahiyang tak lain putri Presiden Joko Widodo menyita perhatian publik hingga tingkat Nasional. 

Kabag Humas Pemko Medan Arrahman Pane dihubungi poskotasumatera.com, Kamis (3/12/2020) malam mengaku belum bisa memastikan kapan Ir H Akhyar Nasution MSi aktif kembali bekerja di Balaikota Medan. “Belum dapat tanggal pastinya. Tapi memang masa cuti beliau berakhir 5 Desember 2020 ini. Kalau saya prediksi mungkin Senin tanggal tujuh (7 Desember 2020,red) mungkin udah masuk kerja,” kata mantan Camat Medan Labuhan ini.

Sebelumnya Gubsu Edy Rahmayadi mengukuhkan Ir. Arief Sudarto Trinugroho, M.T. menjadi Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan. Arief yang merupakan Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Pemprov Sumut menggantikan Akhyar Nasution yang menjalankan cuti di luar tanggungan negara untuk mengikuti kampanye Pilkada Medan Tahun 2020.

 

Pengukuhan ini dilakukan di Pendopo Rumah Dinas Gubsu, Jumat (25/9). Selain Arief, Gubsu turut dikukuhkan Dahler Lubis sebagai Pjs Wali Kota Mandailingnatal, Ismael Sinaga sebagai Pjs Wali Kota Tanjungbalai, Basarin Yunus Tanjung sebagai Pjs Bupati Kabupaten Asahan, Lasro Marbun sebagai Pjs Bupati Kabupaten Samosir, Ria Novida Telaumbanua sebagai Pjs Bupati Kabupaten Nias Selatan, Abdul Haris Lubis sebagai Pjs Wali Kota Gunungsitoli, Fitriyus sebagai Pjs Bupati Kabupaten Labuhanbatu, Harianto Butarbutar sebagai Pjs Bupati Kabupaten Toba, dan Irman menjabat sebagai Pjs Bupati Kabupaten Serdangbedagai. Sebelumnya, Gubsu juga telah melantik Penjabat Bupati Pakpak Bharat, yakni Kaiman Turnip.


Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri, selama kepala daerah menjalankan cuti untuk menjalankan kampanye Pilkada, Pjs Bupati dan Wali Kota bertanggungjawab kepada Menteri Dalam Negeri, melalui Gubernur Sumut, melakukan tugas dan kerja sesuai dengan tugasnya. Gubernur Edy Rahmayadi mengatakan, dalam kondisi mewabahnya pandemi Covid-19, ia mengajak seluruh penjabat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena telah diberikan kesempatan untuk dilantik sebagai Pjs Bupati dan Wali Kota. (PS/ RED)

  
Komentar Anda

Terkini: