Di Tangan Emas Theo Andrianus, Taman Hewan dan Apotik Hidup Hiasi Rutan Kelas I Tanjung Gusta

/ Kamis, 03 Desember 2020 / 00.14.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-Memasuki Rumah Tahanan (Rutan) kelas I Tanjung Gusta dipastikan mata kita akan terseret ke pemandangan indah tatanan taman dan kicauan burung serta beragamnya tanaman apotik hidupnya.

Ditangan emas  Kepala Rutan Kelas-IA Tanjung Gusta Medan Theo Adrianus Purba Amd, IP, SH.MH, kesan seram lembaga di bawah naungan Kemenkum HAM ini seolah hilang ditelan bumi.

Dalam Sistem Pemasyarakatan, Rutan merupakan instansi yang terlibat dalam penegakan hukum tahap pre-adjudikasi. Pada tahap inilah Sistem Pemasyarakatan berperan dalam memberikan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) bagi setiap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Amatan awak media ini, belum lama ini suasana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Tanjung Gusta Medan penuh dengan susana 'Cinta'. Warga Binaan dan petugas saling sapa dan akrab.

Suasa 'Cinta' itu juga terlihat di Taman Mini Rutan. Dimana di Taman Mini Rutan ini terdapat 15

pasang Burung Cinta (lovebird), 1 pasang burung nuri, Jalak kalimantan, burung Beo Mentawai dan juga ada kura-kura Ambon serta ratusan ikan Mas.

Selain itu di Taman Mini Rutan ini ada juga tanaman bunga diantaranya Gelombang Cinta, lidah mertua maupun anggrek.

Di lahan yang terbatas ini pihak Rutan juga menyediakan Apotik hidup seperti, sambiroto, jahe, daun sambung nyawa, brotowali, kumis kucing maupun belalai gajah.

Theo Adrianus Purba Amd, IP, SH.MH mengatakan, Taman Mini ini merubah suasana 'Seram' menjadi Asri dan penuh Cinta di lingkungan Rutan.

Memiliki lingkungan yang asri dan hijau tentunya menjadi impian tiap orang. Bigitu juga harapannya. Hijaunya tanaman membuat suasana ruangan menjadi sejuk dan segar. 

"Di lokasi Taman mini ini ada dua buah pendopo dan selama Pandemi Covid 19 saya berkantor di pendopo ini," ujar Theo.

"Dalam masa pandemi ini saya lebih suka berkantor di lokasi ini dengan suasana udara dan alamnya yang asri. Lahan yang minimal ini kita maksimalkan," imbuhnya. (PS/REL)

Komentar Anda

Terkini: