Fakultas Kedokteran USU Adakan Swab Test Gratis

/ Kamis, 17 Desember 2020 / 21.57.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN, Dalam mencegah penularan Covid-19 Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) mengadakan swab test gratis kepada sejumlah warga Kecamatan Medan Area.

Demikian dikatakan oleh dr. Ichwan, sebagai penyelenggara saat diwawancara di kliniknya, Kamis (17/12/2020). 

"Swab tes ini dilaksanakan setiap hari selasa, dan ini gratis sudah berlangsung sejak 08.00 Wib. Meskipun diprioritaskan kepada warga Medan Area tetapi daerah lain juga ikut," katanya.

Dia menyebutkan, pelaksanaan swab test gratis tersebut didanai oleh lembaga pengabdian masyarakat USU dengan skema internasional. Kegitan tersebut juga melibatkan Universitas luar negeri seperti Kanada dan London.

Lebih lanjut Ichwan menjelaskan, kegiatan swab test gratis test merupakan tindak lanjut proses pelatihan kepada tenaga medis ditingkat Puskesmas dan klinik BPJS di Kecamatan Medan Area.

"Sebelumnya kita sedang melakukan pendampingan kepada tenaga medis di sini agar dapat merawat pasien yang terpapar Covid-19 dan terisolasi di rumah," ungkapnya.

Disebutkan, untuk menjaring warga yang positif atau tidak maka pemeriksaan swab test digelar. Dia menjelaskan dalam proses melakukan kegiatan pihaknya dibantu oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 serta laboratorium mikrobiologi fakultas kedokteran USU.

"Dari hasil ini mana yang terkonfirmasi positif maka akan kita dampingi penanganan selanjutnya apakah melakukan isolasi mandiri di rumah atau mendapatkan fasilitas kesehatan lanjutan. Utuk hasilnya nanti akan didapatkan maksimal 48 jam dan kalau ada yang positif nanti akan dikabari melalui WhatsApp dan segera dilayani di sini bersama pihak puskesmas dan klinik," ujarnya.

Lebih lanjut, Ichwan mengungkapkan,  alasan melakukan Swab gratis di kecamatan Medan Area merupakan lanjutan kegiatan Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia (PDKI) yang sebelumnya telah melakukan pendampingan terhadap pasien pengorbit sejak bulan Mei - Juli. 

Dia pun mengatakan, Kegiatan Swab tersebut, akan rutin kita lakukan setiap hari Selasa sampai 12 Januari 2021. 

"Nelihat antusiasme warga cukup baik. Bahkan dari target hari ini hanya 50 sampai 60 orang, kini telah mencapai 80 orang," pungkasnya. (PS/AJI LINGGA)

Komentar Anda

Terkini: