Kajari Kampar Buka Acara Lomba Azan Dan Sholat Antar Muallaf Se Kab Kampar

/ Sabtu, 19 Desember 2020 / 15.03.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM.KAMPAR (Inmas) – Kepala Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kampar Suhendri SH MH, membuka secara resmi acara lomba azan dan sholat antar muallaf se Kab. Kampar, hari sabtu (19/12/2020), di halaman studio Radio Rama FM, Jalan Dr A. Rahman Saleh, Bangkinang Kota.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Riau Yurnalis SSos MSi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Drs H Alfian MAg, Ketua Umum Dewan Dakwah Kampar Samsul Bahri SAg MPd, Kabid Pemuda dan Olah Raga, Ketua Sikap, dan para undangan serta peserta lainnya.

Dalam arahannya Suhendri mengatakan, Keimanan merupakan hal mendasar yang perlu dibina secara berkelanjutan, terutama bagi mualaf. Mereka masih sangat membutuhkan bimbingan dan tauladan. Salah satu hal mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan baik kepada mereka sehingga rahmat Islam dapat dirasakan lebih dekat.

Bagi sebagian kalangan, memutuskan untuk menjadi seorang mualaf tentu merupakan sesuatu yang tidak mudah. Kebanyakan dari mereka mengalami pergulatan batin yang cukup panjang dan luar biasa. Selain itu, mereka juga harus mempertimbangkan keputusan tersebut dengan matang, baik ketika ia berusaha menundukkan hatinya untuk dapat menerima serta meyakini keyakinan dan ajaran agama yang baru serta konsekuensi-konsekuensi lain atas pilihan tersebut, seperti kehilangan pekerjaan, dikucilkan oleh keluarga atau teman-teman, dan lain sebagainya.

Itulah sebabnya mengapa islam menganjurkan dan mewajibkan bagi setiap umat muslim untuk memberikan perlindungan kepada mualaf, sebab jika keislaman yang mereka lakukan justru membuat kehidupan mereka semakin menderita, maka hal tersebut dapat menimbulkan kesan yang tidak baik bagi islam.

Iman adalah nikmat paling besar yang allah karuniakan ke dalam dada manusia. Semoga allah senantiasa melimpahkan hidayah kepada kita dan memberikan kemudahan untuk dapat memuliakan saudara-saudara kita yang baru merasakan nikmatnya iman

Untuk itu, kita sangat mendukung kegiatan yang postif yang di taja oleh dewan dakwah kampar ini, karena azan dan sholat ini merupakan pondasi awal dalam ibadah, apalagi terhadap para muallaf. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua, terutama buat para muallaf yang berada di kabupaten kampar. Sesuai dengan tema yang diusung panitia “ meningkatkan penguatan aqidah dan ibadah terhadap muallaf dalam mewujudkan masyarakat kampar yang agamis”

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Drs H Alfian MAg, dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana, terutama Pengurus Dewan Dakwah Kampar, atas telaksananya acara ini. 

“Saya fikir inilah acara yang pertama kalinya diadakan di Kab. Kampar bahkan di Indonesia, yang menbuat acara lomba azan dan sholat antar muallaf. Untuk iru, teruslah berkarya dan berinovasi dalam memberikan pencerahaan kepada ummat, terutama muallaf ini”, tutur Alfian.

Kemudian Ketua Pemuda Dewan Dakwah Kampar Gustika Rahman SPdI dalam laporannya mengatakan, dasar dari kegiatan ini adalah Surat Keputusan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Kabupaten Kampar  nomor : 08/SK/Dewan Da’wah-K/VII/1442H 2020M,tentang pengurus pemuda dewan da’wah islamiyah indonesia kabupaten kampar masa bhakti 2020-2024, dan Hasilrapatkerja pengurus pemuda dewan da’wah pada hari jum’at 13 november 2020 tentang pembentukan panitia perlombaan azan dan shalat antar mualaf sekabupaten kampar

Adapun tujuan pelaksanaan perlombaan sholat antar mualaf sekabupaten Kampar ini adalah : Pertama Meningkatkan penguatan aqidah ibadah terhadap muallaf, kedua Meningkatkan nilai-nilai ketakwaan kepada Allah SWT, dan yang ketiga Mempererat jalinan ukhuwah Islamiyah. Kemudian tema yang kita usung adalah :” Meningkatkan penguatan aqidah dan ibadah terhadap muallaf dalam mewujudkan masyarakat kampar yang agamis”. Untuk diketahui juga acara lomba Azan dan Sholat ini memperebutkan piala bergilir Kejari Kampar, pungkas Agus. (PS/NURMAN)

Komentar Anda

Terkini: