Sosialisasi Implementasi Keuangan, Pemkab Labuhanbatu Terima CSR Bank Sumut

/ Selasa, 22 Desember 2020 / 08.48.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe terima plakat dan CSR dari Bank Sumit senilai Rp.535.357.824,- untuk dipergunakan sebagai anggaran lanjutan pembangunan taman cerdas anak.

Penerimaan tersebut, dilaksanakan pada kegiatan pembukaan sosialisasi dan bimtek (bimbingan teknologi) implementasi keuangan di Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu. Pelaksanaan sosialisasi dan bimtek atas kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bersama Bank Sumut di Ruang Data dan Karya kantor Bupati Labuhanbatu Jalan SM Raja Rantauprapat, Senin (21/12/2020).

Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe pada sambutan acara sosialisasi dan bimtek tersebut mengucapkan terimakasih kepada Bank Sumut atas kerjasama dan kepeduliannya terhadap perkembangan pembangunan Kabupaten Labuhanbatu. "Terima kasih atas kerjasamanya dan kepeduliannya terhadap Kabupaten Labuhanbatu. Semoga hal ini dapat ditingkatkan terus untuk ke depannya,"ujar Bupati.
Dalam arahannya, Bupati Labuhanbatu menyebutkan, sosialisasi dan bimbingan teknis tentang implementasi cash management sistem dalam pelaksanaan keuangan daerah pada pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu sejalam dengan efektifnya peratiran pemerintah nomor 12 tahin 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah. 

"Dalam implementasi, ketentuan - ketentuan dimaksud wajib berbasis aplikasi. Agar pengelolaan keuangan daerah lebih baik. Terutama pada tahap proses perencanaan, kemudian penatausahaan, pelaporan dan sampai pertanggung jawaban keuangan. Termasuk pembayaran kas non tunai atas pelaksanaan APBD Labuhanbatu,"terangnya.

Cash Management System (CMS), lanjut Bupati Labuhanbatu, merupakan salah satu instrumen dalam pengelolaan keuangan daerah yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan yang ada. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bekerjasama dengan PT. Bank Sumut selaku Bank Pemerintah daerah sebagai penempatan rekening kas umum Pemerintah Daerah yang merupakan salah satu jenis layanan pengelolaan keuangan daerah untuk mempermudah pengelolaan keuangan secara langsung. 
"Melalui fasilitas online, dapat meminimalisasi penyimpangan dalam pelaksanaan APBD. Baik terhadap pendapatan, maupun belanja daerah pada masing-masing organisasi perangkat daerah selaku pengguna anggaran," ucap Bupati. 

H. Andi Suhaimi Dalimunthe berpesan kepada seluruh kepala OPD dan pejabat penatausahaan keuangan dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu serta seluruh peserta sosialisasi dan bimtek agar dapat mengikuti acara ini dengam sungguh - sungguh untuk pengelolaan keuangan daerah dapat memenuhi asas dan prinsip pelaksanaannya.

Sementara, Kaban BPKAD Labuhanbatu Indra Sila melalui Sekretaris BPKAD Aprinal dalam laporannya menyampaikan, kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis penerapan aplikasi cash management system dilaksanakan untuk memberikan pembekalan kepada OPD terkait. 

"Dengan pelaksanaannya bagi pengguna anggaran selaku releaser, pejabat penatausahaan keuangan selaku ceker dan bendahara pengeluaran dan penerimaan selaku maker yang bertujuan agar dalam pelaksanaan dapat berjalan dengan baik sebagaimana kita harapkan bersama,"ucap Aprinal.

Disisi lain, Pimpinan divisi dan jasa PT Bank Sumut Budi Ansari Nasution menyampaikan hal ini untuk mendukung dan mensukseskan program non tunai, yang telah di implementasikan dan bekerja sama dengan pemerintah daerah melalui CMS. "Hal ini dilaksanakan untuk mensukseskan kerjasama dengan pemerintah daerah melalui CMS,"katanya.

Pada acara sosialisasi tersebut, Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe juga memberikan plakat kepada Bank Sumut melalui PT. Bank Sumut Budi Ansari Nasution. (PS/Ricky).
Komentar Anda

Terkini: