SMAN 1 Angkola Barat Mulai Bergerak

/ Selasa, 14 Juni 2022 / 15.38.00 WIB
Kasek SMA N 1 Angkola Barat Salamat Siregar, S. Pd M. Si

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Sekolah penggerak merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,  dalam menentukan sekolah untuk lolos dalam kategori sekolah penggerak harus melalui tahapan seleksi yang sangat ketat , mulai dari pemberkasan menjawab soal sampai dengan tes wawancara.


Sebagai Kepala Sekolah di  SMA Negeri 1 Angkola Barat Salamat Siregar S.Pd,.M. Si merasa bersyukur dan bangga serta mengatakan ini adalah berkah bagi keluarga besar SMA N 1 Angkola Barat. 


Demikian disampaikan Kepala SMA N 1 Angkola. Barat Salamat Siregar, S. Pd, M. Si kepada awak. Media di ruang kerjnya Selasa (14/6-2022).


Lebih lanjut Kepala Sekolah yang mempunyai golongan IV D  ini mengatakan bahwa ini tanggung jawab yang baru dan merupakan tantangan bagi sekolah kami ke depan untuk memajukan sekolah melalui program sekolah penggerak.

Alumni Universitas Negeri Sumatera Utara jurusan magister Matematika ini lebih lanjut menyampaikan harapannya semoga dengan program sekolah penggerak ini mampu meningkatkan kualitas SMAN 1 Angkola Barat secara holistik, sehingga dengan demikian dapat meningkatkan prestasi sekolah ini. Sebagai Kepala Sekolah  tentu saya merasa bangga SMAN 1 Angkola Barat harus dapat membuktikan sebagai sekolah unggulan, setelah dinyatakan lolos seleksi dan mendapat kepercayaan dari Kemendikbud-Ristek RI, sebagai Sekolah Penggerak.


Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, yang diawali dengan SDM unggul (kepala sekolah dan guru).

”Sekolah Penggerak ini proses seleksinya cukup berat karena dimulai dari seleksi kepala sekolah dan langsung dinilai Kemendibud-Ristek. Setelah menjadi Sekolah Penggerak maka harus melaksanakan program-program yang sudah dirancang Kemendibud-Ristek,” kata Kepala SMAN 1 Angkola Barat  Salamat Siregar S. Pd. M.Si  saat diwawancara awak media online.


Menurutnya, sebagai Sekolah Penggerak kemampuan guru untuk pengembangan pendidikan sangat diutamakan. Maka perlu digelar pelatihan implementasi pembelajaran Sekolah Penggerak. Setelah menjadi Sekolah Penggerak maka kurikulum disesuaikan dengan potensi keunggulan yang dimiliki sekolah, bahkan anggaran pendidikan akan langsung dari Kemendikbud-Ristek.


”Sebagai Sekolah Penggerak, saya berharap SMAN 1 Angkola Barat bisa menjadi sekolah unggulan, yang mampu mewujudkan visi Pendidikan Indonesia menjadi Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila, serta pihak terkait mampu mendukung untuk kelancaran program ini,” kata Salamat.



“Sejalan dengan sekolah penggerak, maka kami akan menerapkan Sekolah Ramah Anak (anti perundungan), untuk menumbuhkan keberanian siswa untuk melapor apabila terjadi perundungan. Kami juga berterima kasih dan memohon dukungan dari semua pihak baik orang tua siswa, Guru , Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Cabdis Pendidikan Sidimpuan Provinsi Sumatera Utara. Selain itu untuk lebih memberikan alternatif dalam aplikasi pembelajaran kami bekerjasama dengan Ruang Guru,” tuturnya.(PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: